Longsor di Palopo, BPBD: Alhamdulillah Tidak Ada Korban Jiwa

Nasruddin Rubak ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 13:05 WIB
Longsor di Palopo, BPBD: Alhamdulillah Tidak Ada Korban Jiwa
Longsor di Palopo. (Foto: iNews/Nasruddin Rubak).

PALOPO, iNews.id - Bencana tanah longsor yang terjadi di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun terjadi kerusakan parah di antaranya rumah-rumah warga dan akses jalan yang terputus.

"Untuk sementara (pendataan), alhamdulillah tidak ada korban jiwa," kata Kepala BPBD Palopo, Antonius Dengen, saat dikonfirmasi iNews di Kota Palopo, Sulsel, Sabtu (27/6/2020).

Menurut dia, lokasi longsor tersebut memang rawan bencana. Sebab bencana serupa pernah terjadi pada 2009 lalu dan memakan korban jiwa. Dia menyebut ada belasan warga meninggal dunia tertimpa reruntuhan longsor.

Selain itu sejak April 2020, wilayah tersebut sudah mulai terjadi longsor-longsor kecil. Puncaknya pada Jumat (26/6/2020) sore kemarin yang mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak dan akses jalan lumpuh total.

"Penyebabnya memang karena curah hujan. Selain itu tanah di sana memang labil," ujar dia.

Sebelumnya longsor terjadi di Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Jumat kemarin. Dalam peristiwa tersebut, sedikitnya sembilan rumah warga rusak akibat terdampak material longsor.

Selain itu Jalan Poros Palopo - Rantepao Toraja, kilometer 24,terputus. Saat ini personel gabungan dari BPBD, TNI dan Polri bersama warga masih berusaha mengevakuasi material longsor yang menutup badan jalan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal