Warga Makassar Keluhkan Bantuan Covid-19, Pj Wali Kota Evaluasi Kinerja Dinsos

Sindonews, Vivi Riski Indriani ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 12:30 WIB
Warga Makassar Keluhkan Bantuan Covid-19, Pj Wali Kota Evaluasi Kinerja Dinsos
Proses distribusi bantuan sembako ke warga. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, memerintahkan Inspektorat untuk mengevaluasi penggunaan dana bantuan sosial. Sebab banyak warga yang mengeluh tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah (pemda).

"Kita minta Inspektorat untuk segera melakukan transparansi anggaran supaya masyarakat tahu dipakai apa itu uangnya," kata Rudy kepada wartawan di Kota Makassar, Sulsel, Rabu (1/7/2020).

Menurut Rudy, transparansi anggaran merupakan komitmen Pemerintah Kota Makassar. Apalagi ada 60.000 bantuan paket sembako bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19 ini.

"Transparansi itu yang kita utamakan karena ini menggunakan uang rakyat. Jadi rakyat juga harus tahu digunakan untuk apa uang ini," ujar dia.

Namun dia belum terpikir untuk mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Sosial Makassar, Mukhtar Tahir, selaku pengguna anggaran dana bansos. Sementara ini upaya yang dilakukan memperbaiki masalah tersebut.

"Kita suruh kerja dulu, kalau sudah disuruh berkali-kali tapi masih mogok baru kita ganti. Kita lihat dulu apa yang bisa kita perbaiki," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi B DPRD Kota Makassar, William Laurin, mengaku banyak menemukan keluhan terkait bansos. Tidak sedikit masyarakat yang mengaku belum tersentuh bantuan itu.

"Kemarin itu kita tahu ini carut marut, kualahan, tidak beres bahkan sebagian besar warga mengeluhkan soal ini. Kenapa yang betul-betul membutuhkan tidak dapat," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal