Tempat Wisata Diizinkan Buka, Jubir Covid-19 Sulsel: Tidak Ada Alasan untuk Tutup

Antara ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 08:50 WIB
Tempat Wisata Diizinkan Buka, Jubir Covid-19 Sulsel: Tidak Ada Alasan untuk Tutup
Obyek wisata air terjun di Bantimurung Maros. (Foto: Istimewa).

MAKASSAR, iNews.id - Tempat wisata di sejumlah daerah Sulawesi Selatan (Sulsel) diizinkan kembali beroperasi. Dengan catatan pengelola dan pengunjung harus menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel, Prof Syafri Kamsul Arif mengatakan, pembukaan tempat wisata ini dikhususkan untuk daerah yang sudah zero kasus atau tidak ada lagi penambahan pasien positif baru.

"Dengan mengedepankan protokol kesehatan, maka tidak ada alasan untuk tutup (tempat wisata)," kata Prof Syafri di Kota Makassar, Sulsel, Rabu (24/6/2020).

Menurut dia, ada dua daerah yang masih masuk zona merah karen angka kasusnya tinggi, yakni Kota Makassar dan Kabupaten Luwu Timur. Sementara daerah lain, kata dia, tidak ada salahnya membuka obyek-obyek wisata.

Prof Syafri mengatakan, permasalahan Covid-19 bukan hanya pada wilayah kesehatan tetapi juga berdampak pada sosial dan ekonomi. Karena itu, masyarakat harus tetap aman dan produktif di masa pandemi saat ini.

"Daerah harus tetap produktif, sambil ada upaya masif dalam pencegahan dan penanganan corona," ujar dia.

Program yang digaungkan pemerintah daerah (pemda) yakni, tracking, testing dan edukasi merupakan cara yang tepat dalam penanganan Covid-19. Itulah mengapa jumlah kasus harian di sana meningkat signifikan.

"Kita ditargetkan dua pekan ini angka kasusnya di bawah 1 persen untuk masuk tahap lebih tinggi. Tracking testing dan edukasi ini kita harus lebih masifkan lagi," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal