Luwu Berstatus Siaga Banjir Bandang, BMKG Minta Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Antara ยท Rabu, 05 Mei 2021 - 23:34:00 WITA
Luwu Berstatus Siaga Banjir Bandang, BMKG Minta Warga Tingkatkan Kewaspadaan
Warga pasrah menatap banjir bandang yang menerjang rumahnya dan ribuan rumah lain di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (13/7/2020). (Foto: iNews.id/BNPB)

MAKASSAR, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan berstatus siaga banjir bandang. Karena itu, warga di daerah tersebut diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana. 

"Untuk Sulsel, lokasi berstatus siaga itu di daerah Luwu Utara, seperti di Kecamatan Seko, Rampi, Tana Lili, Bone-bone, Sukamamu, Malangke, Mappadeceng, Baebunta, Sabang, Masamba hingga Limbong. Sedangkan di Luwu Timur, seperti di Burau, Tomoni dan Mangkutana," kata Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Esti Kristantri, Rabu (5/5/2021).

Potensi hujan lebat dengan intensitas sedang-lebat diperkirakan terjadi 5-6 Mei 2021, sehingga masyarakat di wilayah Luwu Raya, diimbau untuk terus waspada akan potensi terjadinya banjir bandang.

Dia menyarankan agar masyarakat tetap berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah serta terus mencari informasi kebencanaan melalui media massa maupun media sosial. 

"Amankan dokumen-dokumen penting Anda. Mengkondisikan barang-barang agar aman dari kebencanaan. Selalu hemat penggunaan air minum, listrik dan gas. Matikan peralatan elektronik, serta tidak menggunakan transportasi darat bila tidak mendesak," katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2