Catut Nama Anggota, Pemalak di Makassar Dapati ID Card Polwan dari Tempat Sampah Percetakan

Yoel Yusvin ยท Senin, 21 Juni 2021 - 17:45:00 WITA
Catut Nama Anggota, Pemalak di Makassar Dapati ID Card Polwan dari Tempat Sampah Percetakan
ID card polwan diamankan sebagai bukti pemalakan. (Foto: iNews/Yoel Yusvin).

MAKASSAR, iNews.id - Seorang pemalak berinisial RJ (28) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), ditangkap polisi beserta barang bukti ID Card Polwan. Kartu identitas anggota tersebut didapati dari tempat sampah percetakan.

Komandan Regu II Tim Thunder Polda Sulsel, Aipda Asrin Aziz mengatakan, pelaku membawa ID Card Polwan, anggota Polrestabes Makassar untuk menakuti korbannya yang merupakan pedagang kaki lima di wilayah Panakkukang.

"Pengakuan pelaku berinisial RJ, dia mendapati kartu identitas ini di tempat sampah percetakan," kata Aipda Asrin di Kota Makassar, Sulsel, Senin (21/6/2021).

Pelaku meraup untung ratusan ribu rupiah dalam sehari dengan cara memalak para pedagang kaki lima di wilayah Panakkukang Makassar bermodalkan proposal sumbangan.

Selain RJ, polisi menangkap dua orang rekannya, masing-masing DD dan YP. Keduanya melakukan aksi pemalakan dengan modus serupa.

"Proposal ini dibawa mereka secara bergantian saat memalak pedagang," katanya.

Sebelumnya tiga orang pemalak bermodus meminta sumbangan sambil membawa proposal di Kota Makassar ditangkap saat sedang beraksi di salah satu warkop Jalan Saddang.

Aksi premanisme ini sudah dilakukan para pelaku sejak lama. Untuk pelaku RJ sudah beraksi sejak 2020 lalu atau selama satu tahun terakhir.

Warga diimbau tidak segan melapor ke layanan call center 110 jika mendapati aksi premanisme atau kejahatan lainnya, termasuk pencurian dan perjudian.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: