Semua Peserta Rapid Test di Pasar Tradisional Bantaeng Non-Reaktif

Antara ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 10:45 WIB
Semua Peserta Rapid Test di Pasar Tradisional Bantaeng Non-Reaktif
Pedagang pasar menjalani rapid test massal. (Foto: Dok iNews).

BANTAENG, iNews.id - Tim dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banteng menggelar rapid test di pasar-pasar tradisional. Dari 210 peserta yang mengikuti pemeriksaan tersebut, semuanya dinyatakan non-reaktif.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bantaeng, dr Andi Ihsan mengatakan, dua hari terakhir ini tim memang menggalakkan rapid test di tempat-tempat umum. Dua pasar yang sudah menjadi target yakni Pasar Lambbocca dan Banyorang dengan total 210 peserta.

"Kita tes cepat massal di Pasar Banyorang sejumlah 90 orang, Hari ini di Pasar Lambocca dengan jumlah 120 orang. Hasilnya, nonreaktif semua," kata dr Andi Ihsan di Kabupaten Tana Toraja, Sulsel, Jumat (26/6/2020).

Tim akan terus melakukan deteksi dini penularan virus corona secara masif. Menurut dia, sejumlah lokasi yang menjadi target ke depannya yakni tempat-tempat publik dan pasar tradisional lainnya.

Ihsan mengatakan, tes cepat ini akan terus dilakukan secara berkala. Dia pun meminta warga bersedia datang ke lokasi pemeriksaan, apalagi tidak dipungut biaya atau gratis.

"Upaya ini merupakan bagian dari deteksi dini terhadap wabah Covid-19," ujar dia.

Sementara ini tidak ada warga di Kabupaten Bantaeng yang dinyatakan positif virus corona, termasuk pasien dalam perawatan atau PDP. Namun ada lima warga yang masuk kategori dalam pemantauan (ODP).

Meski zero kasus, dia meminta warga tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu tim dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 pun selalu mawas diri dengan potensi penularan virus corona di daerah tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal