Selama PSBB, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Terbangkan 9.290 Orang

Antara ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 07:38 WIB
Selama PSBB, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Terbangkan 9.290 Orang
Suasana di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (Antara)

MAKASSAR, iNews.id - Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar telah melayani penumpang sebanyak 9.290 orang. Para penumpang itu tercatat melakukan penerbangan sejak 9-21 Mei 2020 atau saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Wahyudi mengatakan, aktivitas penerbangan selama hampir dua pekan di Sultan Hasanuddin International Airport Makassar (SHIAM) kembali ramai.

"Untuk di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sendiri, penerbangan terbatas dibuka pada 9 Mei 2020 hingga saat ini," kata Wahyudi, Sabtu (23/5/2020).

Wahyudi menambahkan, sejak dibukanya atau diaktifkannya kembali moda transportasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada 7 Mei 2020, aktivitas dkembali berjalan meski ada sedikit pembatasan.

Kebijakan penerbangan atau perjalanan terbatas ini diikuti dengan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang persyaratan dokumen perjalanan.

“Rata-rata penumpang per hari sebanyak 715 orang baik melakukan perjalanan keluar Makassar maupun masuk ke Makassar,” kata dia.

Wahyudi menambahkan, rute yang mendominasi yaitu rute Makassar-Jakarta, Makassar-Surabaya, dan Makassar-Kendari.

Rute lainnya yang juga dilayani yaitu rute dari dan ke Ternate, Balikpapan, Semarang, Sorong dan Yogyakarta. Jumlah penerbangan sebanyak 539 pergerakan pesawat di periode yang sama.

Dia menerangkan, untuk menjaga kelancaran pelaksanaan posko terpadu, dilakukan verifikasi dokumen perjalanan.

“Setiap calon penumpang dihimbau untuk mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan dengan baik dan tetap menjalankan protokol Covid-19,” katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto