Rumah Kontraktor Penyuap Rp2 Miliar kepada Nurdin Abdullah Digeledah KPK

Raka Dwi Novianto ยท Rabu, 03 Maret 2021 - 20:09:00 WITA
Rumah Kontraktor Penyuap Rp2 Miliar kepada Nurdin Abdullah Digeledah KPK
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah usai menjalani pemeriksaan di KPK. (Foto Okezone).

JAKARTA, iNews.id - Rumah kontraktor yang diduga sebagai penyuap Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah, digeledah tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Agung sebelumnya disebutkan memberikan uang Rp2 miliar kepada gubernur Sulsel dua periode itu. 

"Tim penyidik menggeledah dua lokasi dalam pengembangan kasus ini," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fiktri.

Ali menuturkan, selain rumah Agung, tim penyidik juga mendatangi Kantor Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekda Provinsi Sulsel.

Dari dua lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan sejumlah barang bukti, di antaranya dokumen-dokumen yang terkait dengan perkara ini. 

"Barang bukti ini selanmjutnya divalidasi dan dianalisis untuk dilakukan penyitaan sebagai kelengkapan berkas perkara penyidikan," kata Ali.

KPK menetapkan Nurdin Abdullah sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pengadaan barang dan jasa, perizinan, serta pembangunan infrastruktur di Sulsel tahun anggaran 2020-2021. Selain Nurdin, diduga sebagai penerima yakni Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruan (PUTR) Sulsel Edy Rahmat (ER).

Sementara  Agung diduga sebagai pemberi suap. Dia ditangkap KPK usai menyerahkan uang Rp2 miliar kepada Nurdin melalui perantara, yakni Edy Rahmat. Penyerahan uang diindikasikan untuk memuluskan agar dia dipercaya melanjutkan proyek wisata di Bulukumba.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2