Punya Kemampuan Survival? Ini yang Bikin Eva Bisa Bertahan 4 Hari Tanpa Makan Minum

Herman Kambuna ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 13:15:00 WITA
Punya Kemampuan Survival? Ini yang Bikin Eva Bisa Bertahan 4 Hari Tanpa Makan Minum
Pendaki perempuan hilang Eva dan penemuan jaket oleh tim SAR gabungan. (Foto: iNews/Herman).

MAROS, iNews.id - Seorang pendaki perempuan yang hilang di Gunung Abbo, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), bisa bertahan selama empat hari saat tersesat di hutan. Korban mengaku mengalami kejadian mistis tak disangka-sangka.

Eva ditemukan selamat dengan kondisi agak lemas sejak dilaporkan hilang, Minggu (6/6/2021) malam hingga Rabu (9/6/2021) petang. Kondisi seperti ini tentu bisa dihadapi oleh mereka yang memiliki kemampuan survival. Bagaimana dengan Eva?

Dari pengakuannya, pendaki perempuan ini ternyata mengalami kejadian mistis di luar nalar manusia. Bahkan dia melewati tiga hari terakhir tanpa makan dan minum.

Eva mengatakan, awalnya hanya masuk ke dalam gua lalu tertidur. Dia bangun keesokan harinya, lalu kembali tertidur selama tiga hari berturut-turut. Korban tak merasa sedang hilang, dia mengaku seperti berada di suatu rumah yang nyaman.

"Dalam ingatanku ini, saya berada di rumahnya nenek saya," kata Eva saat dalam perawatan medis di rumah sakit, Rabu malam.

Itulah mengapa Eva selalu tertidur kembali tak lama sadarkan diri. Belum lagi, kata dia, terkadang kepala dan punggungnya terasa berat, sehingga dia pun memutuskan bersandar dan akhirnya tertidur kembali hingga keesokan hari.

Pengalaman mistis yang dialaminya, Eva mengatakan, selalu berpindah-pindah gua setiap hari. Hal ini disadari ketika dia terbangun dan mendapati lokasinya saat itu berbeda dengan tempat yang sebelumnya.

"Saat saya bangun, saya bingung kenapa ada di sini (di dalam gua). Tapi saat saya tertidur lagi, saya baru sadar ada di gua yang berbeda lagi," ujarnya.

Sebelumnya Eva dilaporkan hilang pada Minggu (6/6/2021) malam. Korban mendaki Gunung Abbo bersama sembilan rekannya. Mereka berkemah di lingkungan Panaikang, Kelurahan Leang-leang, Kecamatan Bantimurung.

Sebelum hilang, korban izin buang air kecil kepada rekan-rekannya. Namun tak kunjung kembali. Saat dilakukan pencarian awal, para pendaki ini hanya menemukan sendal dan bekas tumpahan air.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal