Pesan JK ke Warga Makassar: Jangan Anggap Enteng Covid-19

Muhammad Arham Hamid ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 10:30 WITA
Pesan JK ke Warga Makassar: Jangan Anggap Enteng Covid-19
Ketua PMI JK bersama Gubernur Nurdin Abdullah di Posko Covid-19 Sulsel. (Foto: Istimewa).

MAKASSAR, iNews.id - Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, meminta warga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), tidak menganggap enteng pandemi Covid-19. Pemerintah daerah (pemda) juga harus bersikap tegas dan bertindak cepat melakukan penanganan pasien positif.

Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) mendorong warga patuh dengan aturan dan ketetapan pemerintah mengenai protokol kesehatan.

"Jangan dianggap enteng ini masalah. Di dunia ini sudah delapan juta dalam waktu beberapa bulan. Di Indonesia naiknya sangat luar biasa," kata Ketua Dewan Masjid Indonesia yang akrab disapa JK ini saat berkunjung di Posko Penanganan Covid-19 Manunggal, Kota Makassar, Rabu (17/6/2020).

Menurut dia, dalam memutus mata rantai penularan virus corona, pemda harus tegas kepada warga agar mereka bersedia menjaga dirinya. Edukasi agar masyarakat waspada dan terus menjaga kesehatan diri serta lingkungannya juga harus selalu digalakkan.

"Pemerintah bersama-sama PMI mengintervensi untuk memastikan keberadaan penularan virus tersebut, agar bisa mengurangi korban. Itu yang kita bicarakan," ujar dia.

Kalla kemudian meminta pengawasan terhadap aktivitas masyarakat dapat diperketat lagi. Hal ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini.

"Kita harus bersama-sama mengedukasi masyarakat untuk tetap menjaga diri, tetap pakai masker, tetap jaga jarak, tetap cuci tangan, terus menerus untuk menghindari itu," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal