Penyekatan Mudik di Sulsel Berlangsung 6-17 Mei, Ribuan Personel Polisi Diturunkan

Faisal Mustafa ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 10:55:00 WITA
Penyekatan Mudik di Sulsel Berlangsung 6-17 Mei, Ribuan Personel Polisi Diturunkan
Polisi menyetop pengendara motor yang nekat mudik. (Foto: Dok iNews).

MAKASSAR, iNews.id - Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal menurunkan ribuan personel dalam operasi penyekatan mudik di sejumlah titik perbatasan daerah. Kegiatan ini digelar selama 10 hari terhitung tanggal 6 - 17 Mei 2021.

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam mengatakan, selain personel polri, kegiatan ini juga akan melibatkan TNI dan jajaran pemerintah daerah, seperti dinas perhubungan dan Satpol PP.

"Kita sudah lakukan kesiapan, kurang lebih 3200-an personel nanti akan turun pada hari H pelaksanaan operasi ketupat mulai 6 sampai 17 Mei," kata Irjen Pol Merdisyam di Kota Makassar, Sulsel, Senin (3/5/2021).

Sebaran dan jumlah titik-titik pos penyekatan masih dalam tahap pemetaan. Namun sejumlah wilayah yang masuk aglomerasi, yakni Kota Makassar, Kabupaten Maros, Gowa dan Takalar.

"Poskonya nanti ada di perbatasan, dijaga tim gabungan. Titik-titiknya disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing," ujar dia.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengaku pihaknya telah memantau di beberapa daerah penyekatan. Menurutnya pengamanan sudah ketat, warga yang nekat mudik diarahkan putar balik.

"Sekarang sudah ketat sekali, Jeneponto saya sudah cek kemarin. Bone dan wilayah di bawah itu sudah ketat sekali tidak ada kelonggaran. Tidak ada yang bisa mudik," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal