Terduga Teroris asal Makassar Menyerahkan Diri ke Polda Sulsel, 53 Orang Diamankan

Wahyu Ruslan ยท Senin, 03 Mei 2021 - 14:35:00 WITA
Terduga Teroris asal Makassar Menyerahkan Diri ke Polda Sulsel, 53 Orang Diamankan
Suasa di lorong ruang pemeriksaan Polda Sulsel. (Foto: iNews/Wahyu)

MAKASSAR, iNews.id - Seorang terduga teroris di Kota Makassar mendatangi Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk menyerahkan diri. Saat ini ada 53 orang yang diamankan terkait aksi bomber di Gereja Katedral Makassar.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E Zulpan, membenarkan ada seorang warga berinisial SS (29) yang menyerahkan diri. Terduga teroris ini memang sudah dikantongi identitasnya dan memiliki kaitan dengan aksi bom bunuh diri Maret 2021 lalu.

"Dia mendatangi Polda Sulsel dan menyerahkan diri. Warga Kota Makassar (asal terduga teroris ini)," kata Kombes Pol E Zulpan di Mapolda Sulsel, Senin (3/5/2021).

SS menyerahkan diri pada Kamis (29/4/2021) malam usai petugas mengamankan sejumlah terduga teroris lainnya dari berbagai daerah. Ada dua  di antaranya yang ditangkap di wilayah Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Merauke, Papua.

"Saat ini totalnya ada 53 orang yang kami amankan. Semuanya memang memiliki keterkaitan dengan aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar," ujarnya.

Dua orang yang diamankan dari Poso berinisial N (27) dan dari Merauke AM (34). Dari puluhan orang yang telah ditangkap ini, tujuh di antaranya perempuan dan sisanya laki-laki.

Adapun 53 terduga teroris ini, kata dia, masih diamankan di Mapolda Sulsel dan menjalani pemeriksaan intensif. Tim dari Densus 88 dibantu Polda Sulsel berkomitmen akan menangkap jaringan teroris ini sampai ke akarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal