Polda Sulsel Gencarkan Sosialisasi Pelarangan Mudik sambil Bagikan Takjil

Faisal Mustafa ยท Senin, 26 April 2021 - 11:00:00 WITA
Polda Sulsel Gencarkan Sosialisasi Pelarangan Mudik sambil Bagikan Takjil
Polisi menggelar sosialisasi larangan mudik. (Foto: iNews.id).

MAKASSAR, iNews.id - Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) menggencarkan sosialisasi larangan mudik Idul Fitri 1442 Hijriah. Petugas turun langsung ke titik jalan protokol sambil membagikan takjil kepada para pengendara.

Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Frans Sentoe, mengaku sudah sejak dua pekan terakhir menggelar sosialisasi ke pengguna jalan di Kota Makassar. Kegiatan tersebut dilakukan sejak 12 April lalu.

"Sementara ini kita gencarkan sosialisasi ke perempatan fly over, AP Pettarani - Urip Sumoharjo. Anggota juga membagikan takjil kepada masyarakat," kata Kombes Pol Frans di Kota Makassar, Minggu (25/4/2021).

Selain itu, Frans mengungkapkan sosialisasi juga dilakukan di sosial media dan beberapa alat peraga, seperti spanduk di jalan-jalan telah disebar oleh jajarannya.

Dia mengatakan, petugas akan terus mengawal kebijakan pemerintah yang dimulai 24 April. Namun Frans mengaku masih menunggu instruksi pusat terkait sanksi jika ditemukan masyarakat yang melanggar.

"Kita lihat dulu regulasinya seperti apa, apakah tanggal 24 April itu hanya berlaku di Jawa atau juga di Sulsel," katanya.

Dia menambahkan sosialisasi pelarangan mudik, dirangkaikan dengan operasi keselamatan, sebelum nantinya akan digelar operasi ketupat. Kegiatan itu dilakukan dengan pendekatan preemtif, preventif dan humanis.

"Di Sulsel nanti operasinya tanggal 6, iya penyekatan. Semuanya masih dipersiapkan, termasuk jumlah anggota yang dilibatkan. Penyekatan di wilayah aglomerasi itu empat, yaitu Makassar, Maros, Gowa dan Takalar," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal