Pemprov Sulsel Anggarkan Rp47,4 Miliar untuk Bangun Infrastruktur Tana Toraja

Sindonews, Joni Lembang ยท Senin, 10 Februari 2020 - 12:18 WIB
Pemprov Sulsel Anggarkan Rp47,4 Miliar untuk Bangun Infrastruktur Tana Toraja
Ilustrasi pembangunan. (Foto: Istimewa)

TORAJA, iNews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalokasikan anggaran Rp47,4 miliar untuk pembangunan infrastruktur Kabupaten Tana Toraja di tahun 2020. Kucuran dana ini ditujukan pada proyek infrastruktur jalan dan jembatan.

"Anggaran dari Pemprov Sulsel akan difokuskan untuk pembangunan jalan dan jembatan di wilayah barat Kabupaten Tana Toraja," ujar Ketua Komisi D DPRD Sulsel John Rende Mangontan saat reses di Kecamatan Rano, Minggu (9/2/2020).

Menurutnya, tahun lalu Pemkab Tana Toraja mendapat anggaran hibah untuk pembangunan jalan daerah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sekitar Rp33 miliar.

Pembangunan dan peningkatan jalan serta jembatan yang akan didanai anggaran APBD Provinsi Sulsel 2020 antara lain, Jalan Passobo-Matungli-Massupu Rp18,3 miliar, ruas Massupu hingga ke perbatasan Kabupaten Pinrang Rp23,4 miliar dan pembangunan Jembatan Marandung Rp5,6 miliar.

Selain jalan tersebut, masih ada beberapa daerah lainnya di Toraja yang sedang dalam tahap penggodokan antara pemerintah bersama Komisi D DPRD Sulsel untuk diusulkan lagi pada APBD provinsi.

"Ada dua ruas jalan, satu jembatan yang sudah final untuk didanai APBD provinsi. Masih ada beberapa ruas jalan di Toraja yang akan diusulkan untuk dapat dana bantuan provinsi," kata JRM-sapaan akrabnya.


Editor : Donald Karouw