Musim Pancaroba, BMKG Minta Warga Toraja Waspadai Puting Beliung

Sindonews, Joni Lembang ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 10:20 WIB
Musim Pancaroba, BMKG Minta Warga Toraja Waspadai Puting Beliung
Rumah warga di Tana Toraja ambruk setelah diterjang angin puting beliung. (Foto: iNews/Jufri Tonampa).

MAKALE, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta warga di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), mewaspadai musim pancaroba saat ini. Karena berpotensi memicu cuaca ekstrem dan angin puting beliung.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Klas IV Pongtiku Tana Toraja, Saefuddin mengatakan, ada masa peralihan musim seperti ini cuaca sangat cepat berubah. Di siang hari suhu panas dan menjadi sangat dingin pada dini hari.

"Selain itu, hujan yang datang tiba-tiba dan angin puting beliung rentan terjadi pada fase ini," kata Saefuddin di Kabupaten Tana Toraja, Sulsel, Selasa (30/6/2020).

Pada bulan Juli-Oktober mendatang, suhu diperkirakan lebih dingin dari sekarang. Karena pada masa-masa tersebut wilayah Toraja berada pada fase musim kemarau.

"Suhu dingin yang terjadi itu dipengaruhi faktor topografi Toraja yang berada di dataran tinggi serta pengaruh pertumbuhan awan yang relatif sedikit pada masa peralihan musim ini," ujarnya.

BMKG pun menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem seperti hujan sesaat, petir, angin kencang pada saat peralihan musim.

Selain itu dampak kemarau seperti kekeringan, ketersediaan air serta kebakaran hutan dan lahan. Masyarakat harus mulai mengantisipasi kondisi ini mulai sekarang.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal