Moncong Ikan Marlin yang Menancap di Leher Siswa SMP di Buton Selatan Sepanjang 18 Cm

Yoel Yusvin ยท Selasa, 21 Januari 2020 - 16:40:00 WITA
Moncong Ikan Marlin yang Menancap di Leher Siswa SMP di Buton Selatan Sepanjang 18 Cm
Moncong ikan marlin yang menancap di leher siswa SMP asal Buton Selatan diketahui sepanjang 18 Cm. (Foto: iNews/Yoel Yusvin).

MAKASSAR, iNews.id - Dokter spesialis bedah toraks cardiovaskurlar menyebut moncong ikan marlin yang menancap di leher siswa SMP asal Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), sepanjang 18 sentimeter (cm). Pasien beruntung masih bisa selamat dalam insiden itu.

Dokter spesialis bedah toraks cardiovaskurlar Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar, dr Jayarasti mengatakan, saat operasi, tim dokter dapat melepas moncong ikan tersebut dari leher korban tanpa mengenai pembuluh darah.

"Setelah diukur, moncong ikan tersebut sepanjang 18 cm," kata dr Jayarasti kepada wartawan di RS Wahidun Sudirohusodo, Kota Makassar, Sulsel, Selasa (21/1/2020).

BACA JUGA: Begini Kronologi Moncong Ikan Marlin Menancap di Leher Siswa SMP di Buton Selatan

Operasi berlangsung selama satu jam, tim dokter sebelumnya sudah mengecek kondisi vital korban untuk memastikan keadaannya stabil. Dokter juga lebih dulu melakukan pengecekan radiologi melihat kondisi luka di bagian leher pasien.

Tim dokter lalu menyiapkan alat operasi dan kantung darah, karena khawatir luka tersebut sampai mengenai pembuluh darah. Namun dalam tindakan di ruang operasi, moncong ikan tersebut tidak sampai mengenai bagian vital itu.

"Hanya saja, saat dicabut sempat lengket, karena posisi moncong ikan mengigit otot leher korban, sehingga harus dilakukan manipulasi dengan membuka mulut ikan," ujarnya.

BACA JUGA: Kasus Siswa SMP di Buton Selatan Tertusuk Moncong Ikan Marlin, Dokter: Ini Kasus Langka

Saat ini korban sudah selesai menjalani masa operasi, namun masih mendapatkan perawatan intensif di ruang IGD rumah sakit. Pascaoperasi, tim dokter juga mengecek kondisi korban, dan keadaanya masih stabil.

"Alhamdulillah, keadaanya vitalnya masih stabil," ujar dia.

Sebelumnya, remaja bernama Muhammad Idul, warga Desa Wakinamboro, Kecamatan Siompu, Kabupaten Buton Selatan, tertusuk moncong ikan marlin di leher hingga tembus ke bagian leher belakang saat memancing di laut, Sabtu (21/1/2020).

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: