Kasus Pernikahan Sedarah, Polisi Minta Keterangan Orang Tua Pelaku

Amiruddin, Okezone ยท Jumat, 05 Juli 2019 - 19:30 WIB
Kasus Pernikahan Sedarah, Polisi Minta Keterangan Orang Tua Pelaku
Kantor Mapolres Bulukumba. (Foto: iNews/Sulaiman).

MAKASSAR, iNews.id - Polisi telah memeriksa saksi-saksi terkait dugaan kasus pernikahan sedarah warga Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kakak adik tersebut melangsungkan pernikahan untuk menutupi aib keluarga.

Kasat Reskrim Polres Bulukumba, AKP Bery Juana Putra mengatakan, dari keterangan saksi, korban Fitriani (20) sedang mengandung anak dari kakak kandungnya Ansar (32). Karena itu, mereka memutuskan menikah di Kalimantan.

"Jadi dua saksi yang kami periksa kemarin itu, memberikan keterangan bahwa baru tahu kalau FI sudah hamil empat bulan. Lalu AS membawanya ke Kalimantan di sana menikah," kata Bery kepada wartawan di Mapolres Bulukumba, Jumat (5/7/2019).

Sebelumnya polisi telah menghadirkan Dua orang itu kerabat Ansar, Syamil dan Ambo Tuo. Mereka mengaku dikabarkan langsung oleh pelaku bahwa dia telah menikahi adik kandungnya di Kalimantan lantaran Fitriani sedang hamil.

Selain mendalami keterangan dari kerabat pelaku, polisi juga telah memeriksa orang tua kakak beradik tersebut. Keterangan orang tua diambil untuk mencari tau kegiatan sehari-hari Ansar, sebelum akhirnya menikahi Fitriani.

"Kita ambil keterangannya karena penyidik akan menggali sejauh mana kedekatan adik-kakak ini hingga melakukan pernikahan sedarah di Kalimantan," ujar dia.

Seperti diberitakan, warga Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba, geger dengan terungkapnya pernikahan sedarah antara kakak dan adik. Keduanya diduga selingkuh, dan melangsungkan akad di Kalimantan Timur (Kaltim) secara diam-diam.

Kasus ini dilaporkan ke polisi oleh istri sah Ansar, Hervina, yang mendapat laporan adanya foto pernikahan keduanya. Dia menempuh jalur hukum atas dugaan perzinaan suaminya ke Mapolres Bulukumba.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal