Ini Alasan BMKG Larang Warga Lihat Gerhana Matahari secara Langsung

Sindonews ยท Kamis, 26 Desember 2019 - 14:10:00 WITA
Ini Alasan BMKG Larang Warga Lihat Gerhana Matahari secara Langsung
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

MAKASSAR, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melarang masyarakat melihat fenomena gerhana matahari cincin secara langsung. Sebab tanpa alat pelindung dinilai dapat membahayakan retina mata.

Rencananya, BMKG Wilayah IV Makassar akan melakukan pemantauan gerhana matahari di anjungan Pantai Losari Makassar, hari ini Kamis (26/12/2019) siang. Berdasarkan prediksi cuaca, gerhana matahari cincin diselimuti awan.

"Kita sudah persiapan pemantauan sekitar pukul 11.00 (siang)," kata Pengamat Meteorologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar, Kaharuddin, di Kota Makassar, Sulsel, Kamis pagi.

Dia mengimbau agar masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena alam itu, tetap berhati-hati. Melihatnya secara langsung tanpa menggunakan pelindung adalah hal yang membahayakan.

Salah satu radiasi matahari yang mencapai permukaan bumi adalah radiasi ultraviolet. Dengan panjang gelombang lebih dari 290 nanometer.

Sel-sel retina mata, yaitu sel batang dan sel kerucut, merupakan sel yang berperan penting untuk melihat suatu gambar dan sel-sel itu sensitif terhadap cahaya, sehingga mudah rusak.

Jadi saat melihat matahari atau gerhana matahari secara langsung, resiko terbakarnya sel-sel retina sangat tinggi hingga dapat mengganggu penglihatan, baik secara temporer maupun permanen, tergantung besarnya kerusakan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulsel di Google News

Bagikan Artikel: