Gerhana Matahari Sebagian Akan Melintasi Sulsel selama 3 Jam sejak Pukul 12.25 WITA

Sindonews ยท Kamis, 26 Desember 2019 - 12:50:00 WITA
Gerhana Matahari Sebagian Akan Melintasi Sulsel selama 3 Jam sejak Pukul 12.25 WITA
Petugas memperlihatkan peralatan teleskop untuk melihat fenomena gerhana matahari kepada pengunjung di Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Medan, Sumatera Utara, Kamis (19/12/2019). (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi gerhana matahari cincin pada Kamis (26/12/2019) akan berlangsung sekitar tiga jam. Masyarakat di Sulawesi Selatan (Sulsel) dapat menikmati fenomena alam itu sejak pukul 12.25 WITA hingga 15.45 WITA.

"Puncaknya diperkirakan pukul 14.15 WITA dengan magnitudo 0,757," kata Pengamat Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Kaharuddin, kepada wartawan Kamis (26/12/2019).

Puncak gerhana dapat dinikmati di Kota Makassar, Sungguminasa (Gowa), Turikale (Maros), Pattalassang (Takalar), Bontosunggu (Jeneponto), Pangkajene (Pangkep) diprediksi pukul 14.14 WITA.

Sedangkan puncak gerhana matahari di Parepare, Barru, Pinrang, Enrekang, Watan Sidenreng (Sidrap), Watansoppeng (Soppeng), Bantaeng, sekitar pukul 14.15 WITA.

Sementara Makale (Tana Toraja), Rantepao (Toraja Utara), Sengkang (Wajo), Bulukumba, Benteng (Selayar), Balangnipa (Sinjai), Watampone (Bone), Palopo sekitar pukul 14.16 WITA.

Kemudian Masamba (Luwu Utara) dan Belopa (Luwu) sekitar pukul 14:17 Wita, serta Malili (Luwu Timur) sekitar pukul 14.19 WITA. Namun gerhana tidak akan terpantau sempurna dari Sulsel, melainkan hanya gerhana matahari sebagian.

"Jalur cincinnya itu melewati di atas Pulau Sulawesi, sehingga hanya mengalami gerhana matahari sebagian. Magnitude atau persentase gerhananya itu juga berbeda. Makin dekat ke jalur cincin, makin banyak yang tertutupi," ujarnya.

Kaharuddin menyebutkan, gerhana matahari sebagian di wilayah Sulsel persentasenya 70 - 80 persen. Khusus Kota Makassar, matahari akan tertutup 75 persen.

"Jadi ada sebagian matahari yang akan nampak. Prediksinya begitu," ujarnya.

Selain itu, menurut dia, ketika terjadi gerhana matahari cincin untuk wilayah Sulsel dan sekitarnya yang teramati adalah gerhana matahari sebagian dengan magnitudo yang bervariasi. Antara 0.719 di Benteng Selayar – 0.823 di Masamba.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Follow Berita iNewsSulsel di Google News

Bagikan Artikel: