Detik-Detik Longsor di Tana Toraja Viral, Rumah Warga Nyaris Ambles

Jufri Tonapa ยท Sabtu, 22 Februari 2020 - 15:50 WIB
Detik-Detik Longsor di Tana Toraja Viral, Rumah Warga Nyaris Ambles
Kejadian longsor di Tana Toraja yang terekam kamera dan viral. (Foto: iNews/Jufri Tonampa).

TORAJA, iNews.id - Kejadian tebing longsor di wilayah Lembang Lemo Menduruk, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) viral di media sosial (medsos) setelah terekam kamera warga. Rumah warga di lokasi tersebut nyaris terbawa tanah ambles.

Pantauan iNews dalam video tersebut, tebing setinggi 30 meter mendadak longsor. Mirisnya, di sana terdapat sebuah rumah yang sedang ditempati sejumlah orang penghuninya.

Kepala BPBD Tana Toraja, Alfian Andilolo, membenarkan kejadian longsor yang terekam kamera warga tersebut. Namun dia memastikan warga di sana dalam kondisi selamat dan sudah dievakuasi.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian longsor itu. Para penghuni rumah di tebing longsor itu sudah dipindahkan ke tempat aman," kata Alfian di Kabupaten Tana Toraja, Sulsel, Sabtu (22/2/2020).

Dia mengatakan, langkah evakuasi dilakukan karena longsor bisa terjadi sewaktu-waktu dan dapat membahayakan keselamatan masyarakat yang tinggal di sana.

Selain di wilayah Lembang Lemo Menduruk, Limbong Balepe, kata dia, kejadian serupa juga terjadi di Lembang Patongloan, Kecamatan Bittuang. Satu rumah warga di sana nyaris tersapu longsor karena tanah di pekarangan depannya mengalami longsor.

"Kejadian longsor yang nyaris menimbulkan korban jiwa ini terjadi di dua kecamatan. Penghuninya di sana juga sudah dievakuasi ke rumah kerabatnya," ujar dia.

Menurutnya, bencana tanah longsor di Kabupaten Tana Toraja sudah sangat mengkhawatirkan. Bupati juga sudah Surat Keputusan (SK) tanggap darurat terkait bencana ini.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal