Longsor di Toraja Utara, Akses Jalan Trans Sulawesi Menuju Mamuju Terputus

Jufri Tonapa ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 14:45 WIB
Longsor di Toraja Utara, Akses Jalan Trans Sulawesi Menuju Mamuju Terputus
Longsor di Toraja Utara memutus akses jalan warga. (Foto: iNews/Jufri Tonampa).

TORAJA, iNews.id - Jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Kota Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), putus setelah tertimbun longsor. Sementara kendaraan yang hendak melintas dialihkan ke jalan alternatif.

Longsor tersebut berada di Lembang Sikuku, Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara pada Jumat (21/2/2020) pagi. Seluruh badan jalan tertutup longsor, dan sama sekali tidak bisa dilintasi kendaraan.

Pantauan iNews, material longsor berupa batu besar, tanah dan pepohonan, memutus jalan yang menjadi akses antarprovinsi tersebut. Pengendara terpaksa memutar balik dan melintasi jalur alternatif.

"Sementara tidak bisa dilewati kendaraan, baik mobil maupun motor," kata Bhabinkamtibmas Polsek Rindingallo, Aiptu Petrus Papakano, kepada wartawan di TKP longsor.

Menurut dia, jalur alternatif selain melewati akses utama ini memang cukup jauh. Karena harus memutar dan memakan waktu. Namun kondisi Jalan Trans Sulawesi di Lembang Sikuku ini, kata Petrus, benar-benar lumpuh total.

"Kondisi ini terjadi karena hujan terus menerus selama satu bulan terakhir," ujar dia.

Hingga kini material longsor belum dievakuasi karena kondisi tanah masih labil. Sedangkan ada beberapa material seperti batu besar yang tidak bisa dipindahkan secara manual.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal