Cerita ke Wagub, Montir Lulusan SD di Pinrang Mengaku Pernah Rakit Helikopter

Sindonews, Tri Yari Kurniawan ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 17:50 WIB
Cerita ke Wagub, Montir Lulusan SD di Pinrang Mengaku Pernah Rakit Helikopter
Montir lulusan SD asal Kabupaten Pinrang yang telah merakit pesawat ultralight, Haerul (34), diundang bertemu dengan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Montir lulusan SD asal Kabupaten Pinrang yang telah merakit pesawat ultralight, Haerul (34), diundang bertemu dengan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di rumah dinas Kota Makassar. Dalam tatap muka tersebut, pemuda lulusan SD ini mengaku pernah membuat helikopter.

Menurut Haerul, pesawat rakitan bermesin motor Kawasaki Ninja 150 CC ini merupakan produk keduanya. Pertama kali dia sudah lebih dulu membuat helikopter, namun gagal terbang.

"Hanya naik sejengkal," kata Haerul kepada wartawan di rumah dinas Wagub Sulsel, Kota Makassar, Jumat (17/1/2020).

BACA JUGA: Kagum, Wagub Sulsel Undang Montir Lulusan SD di Pinrang yang Buat Pesawat Ultralight

Sedangkan, pesawat terbang hasil inovasinya kali ini terbukti mampu mengudara hingga ketinggian 20 meter. Haerul sudah lima kali melakukan uji coba penerbangan di atas langit Pantai Langnga.

Dalam pertemuan itu, Haerul kemudian bercerita perjuangannya selama dua bulan dalam merakit pesawat ultralight tersebut. Seluruh bahan yang digunakan merupakan barang bekas, kecuali mesin motor yang memang dia beli baru.

"Ini kemudian jadi viral dan kami diundang di Acara Hitam Putih. Saya berharap bisa dikembangkan di bidang industri," katanya.

BACA JUGA: Selain Cita-Cita, Montir Lulusan SD di Pinrang Buat Pesawat Ultralight karena Diilhami Mimpi

Sementara, Wagub Sudirman mengatakan, kemampuan orang-orang seperti Haerul ini harus dikembangkan, sehingga nanti Bangsa Indonesia, khususnya warga di Sulsel tak lagi bergantung dengan produk luar negeri.

"Kenapa tidak untuk kita dorong, kenapa kita bergantung dengan orang luar. Kita menunggu dari Pemerintah pusat dan dukungan dari pihak industri. Kita semua harus bergerak untuk mendukung Haerul ke depannya," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal