30 ASN di Pemkab Maros Positif Covid-19, Satu Kantor Ikut Tes Swab

Wahyu Ruslan ยท Senin, 20 Juli 2020 - 15:05 WIB
30 ASN di Pemkab Maros Positif Covid-19, Satu Kantor Ikut Tes Swab
Pegawai Pemkab Maros menjalani tes swab. (Foto: iNews/Wahyu Ruslan).

MAROS, iNews.id - Sebanyak 30 aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Maros terkonfirmasi positif virus corona. Para pegawai tersebut kini menjalani isolasi di hotel Kota Makassar.

Puluhan ASN ini berasal dari Inspektorat Daerah Maros. Karena persoalan ini, aktivitas pelayanan di kantor tersebut dihentikan sementara, kemudian para ASN lainnya menjalani tes swab pada Senin (20/7/2020).

Bupati Maros, Hatta Rahman mengatakan, satu kantor ini menjalani tes swab untuk mendapatkan kepastian kondisi kesehatannya, positif atau negatif virus corona.

"Mereka yang positif kami karantina di hotel. Kalau yang negatif, kami pindahkan berkantor sementara di tempat lain sampai satu pekan ke depan," kata Bupati Hatta Rahman di Kabupaten Maros, Sulsel, Senin pagi.

Dia membenarkan ada 30-an pegawai yang dinyatakan positif virus corona. Namun awal penularan masih dalam penelusuran petugas. Dia menduga, tertular dari seorang warga di Kota Makassar.

"Kemungkinan ada istrinya salah seorang pegawai yang bekerja di Makassar, menular ke suaminya," ujar dia.

Sebelumnya sejumlah pegawai di Inspektorat Daerah Maros melakukan tes swab massal. Hasilnya, sebanyak 30-an orang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Total pegawai ada 100-an orang. Kami tes lagi untuk memastikan kondisi mereka," ujar dia.

Hingga saat ini secara akumulasi ada 343 orang di Kabupaten Maros yang terkonfirmasi positif Covid-19. Data dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Maros, jumlah ODP sebanyak 260 orang dan PDP 67 orang.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal