Antisipasi Corona, Absen ASN di Maros Pakai Alat Deteksi Wajah

Sindonews, Najmi Limonu ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 14:20 WITA
Antisipasi Corona, Absen ASN di Maros Pakai Alat Deteksi Wajah
ASN absen dengan alat pendeteksi wajah. (Foto: Sindonews).

MAROS, iNews.id - Sistem absensi aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Maros diubah dari sistem fingerprint menjadi deteksi wajah. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus corona.

Bupati Maros, Hatta Rahman mengatakan, selama ini sistem absensi pegawai dilakukan dengan cara fingerprint. Namun karena wabah corona, sempat dilakukan dengan cara manual.

"Namun kita mencoba untuk mengembalikan cara absensi secara elektronik. Sekarang ini menggunakan sistem deteksi wajah," kata Hatta Rahman di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (28/5/2020).

Kalau pakai deteksi wajah, kata dia, pegawai tidak lagi bersentuhan dengan dengan mesin absensi. Ke depan proses absen akan melalui ponsel, namun sisten ini masih diuji coba.

"Untuk sistem absesnsi ini kita ujicobakan di tiga organisasi perangkat daerah yakni kantor BKPSDM, Dinas Kominfo dan kantor Sekretariat Daerah Maros. Nanti kita lihat mana paling mudah diterapkan," katanya.

Hatta mengatakan sistem absensi yang baru ini akan diberlakukan awal Juni mendatang. Sementara absensi via ponsel, kata dia, baru bisa dilakukan di area kantor, menggunakan wifi.

"Untuk HP kita buat aplikasi sendiri tapi kita juga masih uji coba. Dan sistemnya hanya bisa digunakan di area kantor dengan menggunakan wifi kantor. Nanti kita lihat mana efektif," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal