2 Pasien Baru Positif Corona di Sulsel Membaik, 1 Isolasi di Rumah dan 1 di RSUD Parepare

Sindonews, Nani Suherni ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 11:25 WIB
2 Pasien Baru Positif Corona di Sulsel Membaik, 1 Isolasi di Rumah dan 1 di RSUD Parepare
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel Ichsan Mustari usai melaksanakan telekonferensi terkait dengan COVID-19 bersama awak media di Makassar, Senin (23-3-2020). (Foto: Antara/Nur Suhra Wardyah)

MAKASSAR, iNews.id – Dua pasien baru positif corona atau Covid-19 di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) masih dalam perawatan intensif. Kondisi keduanya, masing-masing pasien 309 dan 557 dilaporkan sudah membaik.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari, mengatakan, untuk pasien 309, kondisinya membaik sehingga yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri di rumah. Pasien 309 diketahui berada di Kota Makassar.

Sebelumnya, pasien itu sempat menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Jakarta dan dinyatakan positif tertular virus corona di Jakarta. Namun, dia akhirnya dirujuk ke daerah asalnya di Makassar per 20 Maret 2020.

“Ini atas prosedur yang telah ditetapkan oleh kementerian. Dia dimungkinkan dirujuk karena pasien ini sudah dalam kondisi tidak ada gejala. Memang bersangkutan orang yang tinggal di Makassar,” kata Ichsan, Rabu (25/3/2020).

Ichsan mengklaim kondisi pasien 309 sudah membaik. Bahkan, saat ini tengah menjalani masa isolasi mandiri di rumahnya di Kota Makassar atas instruksi Kementerian Kesehatan.

“Kementerian Kesehatan menyarankan dan menginstruksikan kepada yang bersangkutan untuk isolasi mandiri di rumah. Walaupun awalnya dibawa ke RS Wahidin untuk pemeriksaan sebentar dan dirawat di rumah. Pasien saat ini semakin sehat,” ujarnya.

Sementara pasien 557 diketahui pernah memiliki riwayat perjalanan umrah sejak 24 Februari-8 Maret 2020. Lalu, pada tanggal 16 Maret pasien dirawat di RS Fatimah dengan keluhan demam dan batuk. Pasien rujukan asal Kabupaten Pinrang ini sekarang diisolasi di RSUD Andi Makkasau Parepare.

Selanjutnya tanggal 17 Maret pasien dirujuk ke RS Andi Makassau Parepare dengan keluhan batuk, demam dan juga gejala sakit kepala. Tanggal 17 itu pula dilakukan pengambilan sampel.

“Keadaan pasien sampai hari ini dalam keadaan baik. Namun masih batuk menurut penyampaian pihak RS Makassau,” kata Ichsan.

Sebelumnya diberitakan kasus virus corona di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bertambah, hingga Selasa (24/3/2020) malam. Update data hingga pukul 18.21 Wita, kasus pasien positif Covid-19 bertambah dua orang menjadi empat.

Berdasarkan data yang dipantau iNews.id di situs Sulsel Tanggap COVID-19 Selasa siang, jumlah pasien positif corona yang meninggal satu orang. Namun, Selasa pagi tadi, seorang pasien dalam pemantauan (PDP) virus corona meninggal dunia di Rumah Sakit Grestelina Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (23/3/2020).

Menurut data resmi Sulsel Tanggap COVID-19, data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 53 orang. Adapun rinciannya, sebanyak 46 orang masih dirawat dan tujuh orang lainnya sudah sehat dan diizinkan pulang.

Sementara total data Orang Dalam Pemantauan (ODP) menjadi 149 orang. Adapun rinciannya, sebanyak 113 orang di antaranya masih dalam proses pemantauan sedangkan 36 orang lainnya selesai dipantau.


Editor : Maria Christina