Waspadai Orang Tanpa Gejala, Begini Siasat Jitu dari Kepala Dinkes Sulsel

Sindonews, Syachrul Arsyad ยท Selasa, 07 April 2020 - 15:35 WIB
Waspadai Orang Tanpa Gejala, Begini Siasat Jitu dari Kepala Dinkes Sulsel
Seorang pria di Wajo rela memakai masker hijab demi melindungi diri dari virus korona. (Foto: iNews/Amnar).

MAKASSAR, iNews.id - Masyarakat diminta lebih waspada dengan orang tanpa gejala yang diduga terpapar virus corona. Kasus seperti ini terjadi di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari mengatakan, pasien tanpa gejala ini bisa menularkan virus ke orang lain. Mereka diprediksi berada di Kota Makassar.

"Ada orang tanpa gejala, karena perbedaan daya tahan tubuh dan imunitas, sehingga bisa saja ada orang punya virus, tapi tidak tampak sakit," kata Ichsan di Kota Makassar, Sulsel, Selasa (7/4/2020).

Pasien terinfeksi Covid-19 umumnya menunjukkan gejala seperti batuk, sesak, hingga demam. Kondisi ini pula yang menyebabkan seseorang masuk dalam kategori dalam pemantauan atau ODP.

Namun beda halnya dengan status orang tanpa gejala atau OTG. Meski sulit dideteksi karena tak ada gejapa signifikan, namun penularannya sedini mungkin bisa dicegah.

"Caranya disiplin menerapkan physical distancing, menggunakan masker, termasuk masker kain, karena kita tidak tahu siapa OTG," ujar dia.

Dengan memakai masker untuk semua orang, OTG pun dapat mencegah penularan virus. Karena saat mereka batuk atau bersin, droplet infection-nya akan menempel di maskernya.

Ichsan berharap, phsyical distancing dan social distancing dimaksimalkan. Taat untuk tidak keluar rumah jika tidak mendesak. Penyebaran virus ini harus dimulai dari lingkungan keluarga.

"Tiap orang yang tidak patuh dengan imbauan itu, turut bertanggung jawab demgan peningkatan kasus terinfeksi Covid-19," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal