Warga Enrekang Temukan Mortir Diduga Peninggalan Pasukan Kahar Muzakkar

Sindonews, Aris Bafauzi ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 09:05 WIB
Warga Enrekang Temukan Mortir Diduga Peninggalan Pasukan Kahar Muzakkar
Penemuan benda mirip mortir di Enrekang. (Foto: Sindonews).

ENREKANG, iNews.id - Seorang warga tak sengaja menemukan benda mirip mortir di Tebing Mandu, Kabupaten Enrekang saat sedang mencari tanaman bonsai. Amunisi peledak tersebut diduga barang peninggalan pasukan Kahar Muzakkar.

Warga atas nama Rahim mengatakan, benda mirip mortir ini ditemukan di Tebing Mandu, Desa Tontonan Kecamatan Anggeraja, Rabu (22/7/2020) kemarin. Saat itu linggis yang dipakai menggali tanah menghantam benda keras.

"Saat menggali mencari bonsai itu, linggis saya kena benda padat. Saat saya cek, ternyata besi seperti mortir," kata Rahim kepada wartawan di Mapolsek Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulsel, Rabu malam.

Khawatir terjadi sesuatu, kata dia, penemuan ini pun dilaporkan ke Mapolsek Anggeraja. Amunisi peledak ini diduga peninggalan bekas masa perang dulu, ketika pemberontakan pasukan Kahar Muzakkar.

"Kondisinya sudah berkarat. Ini sudah kami serahkan ke Sat Intelkam polres Enrekang," kata Kapolsek Anggeraja, Iptu Lukman.

Dia mengapresiasi tindakan Rahim yang menemukan mortir tersebut dan langsung melapor ke polisi. Sebab menurut dia, masih banyak senjata-senjata sisa perang yang mungkin saja tertimbun di sekitar lingkungan warga.

"Tentunya ini harapan kita bersama, penemuan sisa perang yang mungkin saja tertimbun di sekitar kita untuk diserahkan ke pihak berwajib, demi keamanan kita bersama," ujar dia.

Sebab sebagian warga ada yang memilih untuk menjual atau menjadikan benda-benda ini koleksi pribadi. Padahal senjata-senjata ini bisa saja masih aktif atau berfungsi.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal