Pemeriksaan Surat Bebas Covid-19, Jalan Poros Enrekang - Toraja Lumpuh

Jufri Tonapa, Aris Bafauzi ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 14:30 WIB
Pemeriksaan Surat Bebas Covid-19, Jalan Poros Enrekang - Toraja Lumpuh
Keributan di Jalan Poros Enrekang - Tana Toraja akibat kebijakan surat bebas Covid-19. (Foto: Sindonews).

TORAJA, iNews.id - Warga dan para pengendara di Jalan Poros Enrekang - Tana Toraja protes dengan adanya kebijakan surat bebas Covid-19 untuk melintas di perbatasan daerah. Aturan tersebut dinilai membuat kemacetan panjang, bahkan arus lalu lintas pun lumpuh.

Pemerintah Kabupaten Tana Toraja menutup akses bagi warga dari luar daerah. Mereka diizinkan masuk bila memiliki surat bebas Covid-19 yang didapat dari pemeriksaan rapid test.

"Saya ingin petugas tegas memeriksa surat keterangan sehat bagi warga yang ingin melintas," kata Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara, dalam video yang beredar meminta petugas perbatasan melakukan pemeriksaan perbatasan.

Kebijakan ini juga berdampak terhadap sejumlah warga Kabupaten Enrekang yang berprofesi sebagai pedagang di Pasar Makale Tana Toraja. Mereka pun tertahan di perbatasan daerah karena tidak memiliki dokumen yang diminta petugas.

Wakil Bupati Enrekang, Asman mengatakan, akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja terkait aturan tersebut. Karena di jalan poros ini dilewati oleh warga dari Kabupaten Enrekang dan Luwu.

"Kita coba koordinasi ke pemerintah Tana Toraja. Semoga semua berjalan baik," ujar Asman saat dikonfirmasi, Rabu (3/6/2020).

Sementara itu Kadis Kesehatan Enrekang, Sutrisno, mengaku telah melapor ke Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terkait pelayanan rapid test. Menurut dia, tidak semua warga dapat melakukan pemeriksaan rapid test lantaran keterbatasan alat.

"Kami tak mampu kami melayani permintaan warga yang hendak melintas ke Toraja. Kami harap kebijakan Tana Toraja bisa ditinjau kembali," ujar Sutrisno.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal