Wali Kota Danny Pomanto Berikan Solusi agar Tak Ada Kerumunan di Mal jelang Lebaran

Andi Deri Sunggu ยท Senin, 03 Mei 2021 - 10:50:00 WITA
Wali Kota Danny Pomanto Berikan Solusi agar Tak Ada Kerumunan di Mal jelang Lebaran
Wali Kota Makassar Danny Pomanto saat sidak di Mal Panakkukang. (Foto: istimewa).

MAKASSAR, iNews.id - Wali Kota Makassar, Ramdhan (Danny) Pomanto, memberikan solusi kepada pengelola mal agar tidak terjadi kerumunan di pusat perbelanjaan jelang lebaran. Upaya yang dilakukan dengan sistem protokol pintu masuk.

Danny Pomanto mengatakan, dengan metode ini ada batasan kapasitan pengunjung mal. Bila sudah melebihi batas, pintunya harus ditutup, sehingga tidak terjadi kerumunan.

"Jika sudah ada yang pengunjung yang sudah keluar boleh dimasukkan pengunjung yang lain sesuai jumlah pengunjung yang keluar," kata Danny di Kota Makassar, Senin (3/5/2021).

Cara memperkirakan batasan maksimal pengunjung mal, kata dia, dengan memastikan jumlah tenant yang ada. Adapun satu tempat tersebut hanya bisa didatangi lima orang pengunjung.

"Bila di Mal Panakkukang ada 670 tenant, maka jumlah pengunjung seharusnya hanya 3.350 orang saja. Setelah itu pintu mal ditutup sementara," ujar dia.

Danny Pomanto mengatakan, tidak ingin insiden seperti di India terjadi di Kota Makassar. Dia mengaku, tidak melarang adanya kegiatan ini, namun tetap harus patuh protokol kesehatan.

"Tolong saling jaga, biar Makassar bisa segera memutus mata rantai Covid-19," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal