Wakil Bupati Victor Jadi Orang Pertama Positif Corona di Tana Toraja

Sindonews, Joni Lembang ยท Kamis, 16 April 2020 - 14:55 WIB
Wakil Bupati Victor Jadi Orang Pertama Positif Corona di Tana Toraja
Konferensi pers soal kasus pertama virus corona di Tana Toraja. (Foto: Sindonews).

TORAJA, iNews.id - Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tana Toraja memastikan Wakil Bupati Victor Datuan Batara terkonfirmasi positif virus corona. Pejabat tersebut sekaligus menjadi orang pertama di daerah itu yang terpapar Covid-19.

"Wakil Bupati Tana Toraja, kasus pertama terpapar Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja," kata Direktur RSUD Lakipadada, dr Syafari Mangopo, Kamis (16/4/2020).

Dia menyampaikan pengumuman ini di Posko Media Center Satgas Covid-19 di dampingi Koordinator Posko Media Center Satgas Covid-19, Berthy Mangontan dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja Mariana Belo.

Syafari mengatakan, atas pertimbangan medis, Wabup Victor telah diisolasi di ruang isolasi RSUD Lakipadada. Namun kondisi pasien saat ini dalam kondisi baik dan bugar.

"Kita minta doa dan dukungan semua masyarakat Tana Toraja semoga Bapak Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara dapat melalui masa-masa penyembuhan secepatnya," ujar Syafari.

Sejauh ini, kata Syafari, tim medis Satgas Penanganan Covid-19 Tana Toraja telah melakukan rapid test terhadap 419 orang yang dianggap prioritas. Di antaranya PDP, ODP dan OTG.

Dari 419 orang yang sudah menjalani rapit test diketahui ada 8 orang positif rapid test, salah satunya Wabup Victor. Sementara, tujuh orang lainnya menunggu hasil Swab di BBLK Makassar.

"Tujuh orang lainnya yang dinyatakan positif diminta untuk isolasi mandiri di rumah dan tetap dipantau kesehatannya oleh tim medis," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal