Wagub Andi Sudirman Sulaiman Berikan Tips kepada Peserta Pesantren Ramadan Virtual soal Kultum

Muhammad Arham Hamid ยท Rabu, 20 Mei 2020 - 11:40 WIB
Wagub Andi Sudirman Sulaiman Berikan Tips kepada Peserta Pesantren Ramadan Virtual soal Kultum
Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Pesantren Ramadan yang digagas Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan (Sulsel), berlangsung secara virtual. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dengan jumlah peserta 24 orang dari masing-masing daerah.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, berbagi tips kepada para peserta yang ikut dalam salah satu program pesantren Ramadan yaitu kultum.

"Kultum, untuk awal berdiri biasanya, canggung, atau demam panggung. Itu yang pertama yang harus dilatih," kata Wagub Andi Sudirman di Kota Makassar, Sulsel, Selasa (19/5/2020) kemarin.

Baginya, nervous hal yang normal dan manusiawi saat berada di hadapan audiens. Namun dengan melatih rasa percaya diri, lama-lama akan terbiasa berada di tengah-tengah orang.

Wagub kemudian menyarankan agar para peserta dapat memilih kata yang menarik, namun ringkas atau to the point. Para ustaz yang saat ini populer, kata dia, kerap memakai bahasa ilmu komunikasi sangat gamblang dan gampang untuk dipahami.

Dia mengingatkan kepada peserta, ketika kultum ataupun melakukan ceramah tidak mengangkat terlalu luas persoalan, sehingga fokus dan prioritas pada sub tema saja.

"Ini perlu saya sampaikan pada peserta untuk melatih ketepatan waktu saat kultum. Bagaimana membagi waktu tujuh menit, sehingga tidak banyak melebar tapi," katanya.

Selain itu, peserta harus belajar menetapkan poin-poin dalam ceramah, sebelum naik ke panggung. Sebab itu penting untuk dipahami pendengar, dan tentunya mengacu pada ayat Alquran.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal