Viral, Pengusaha Parepare Tukarkan Mobil dengan Masker untuk Dibagikan kepada Warga

Ichsan Anshari ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 14:45 WITA
Viral, Pengusaha Parepare Tukarkan Mobil dengan Masker untuk Dibagikan kepada Warga
Dua mobil yang hendak ditukarkan dengan masker milik pengusaha teripang di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Rabu (25/3/2020). (Foto: iNews/Ichsan Anshari)

PAREPARE, iNews.id – Di tengah kelangkaan masker, jagat maya Tanah Air digegerkan dengan beredarnya sebuah postingan warganet yang hendak menukarkan mobil miliknya dengan alat kesehatan itu. Tidak tanggung-tanggung, pemilik mobil berniat untuk membagikan masker hasil barter kepada masyarakat untuk mengantisipasi penularan virus corona.

Dari pantauan iNews, pemilik akun Facebook bernama Vina Octaviani Rachmat hendak menukarkan dua unit mobil pikap dual kabin dengan 2.000 boks masker. Khusus mobil pikap berwana merah dibanderol dengan 500 boks masker. Lalu, mobil pikap berwarna hitam dibanderol dengan 1.500 boks masker.

Setelah dilakukan penelusuran, pemilik akun tersebut teryata seorang pengusaha teripang asal Kota Parepare bernama Rachmat Pan. Rahmat mengaku memutuskan untuk menukarkan mobilnya dengan masker.

Rachmat menyadari masker kini menjadi barang yang cukup sulit untuk ditemui di pasaran. Sejumlah apotek dan mini market mengaku tidak lagi memiliki stok masker untuk dijual. Dia juga memantau di media sosial, banyak warga mengeluhkan sulitnya mendapatkan kedua benda yang saat ini sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi penularan virus corona.

Pengusaha teripang, Rachmat Pan yang menawarkan dua mobilnya ditukar dengan masker untuk dibangikan kepada warga Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Rabu (25/3/2020). (Foto: iNews/Ichsan Anshari)
Pengusaha teripang, Rachmat Pan yang menawarkan dua mobilnya ditukar dengan masker untuk dibangikan kepada warga Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Rabu (25/3/2020). (Foto: iNews/Ichsan Anshari)

 

Kondisi ini membuat Rachmat prihatin dan tergerak hatinya untuk ikut memberikan sumbangsih. Jika ada yang bersedia menukarkan masker dengan dua mobilnya, dia berencana membagikan masker tersebut kepada seluruh masyarakat Kota Parepare yang membutuhkan, melalui pemerintah.

“Awalnya itu saat saya tahu saat masker ataupun hand sanitizer itu susah ditemukan. Saya juga pantau dari media sosial. Saya terketuk sendiri. Jadi saya bilang, ya udah daripada itu dua mobil juga disimpan gitu aja, mending disedekahin aja buat orang-orang yang butuh. Tapi memang niatnya 100 persen untuk sumbangsih. Tidak ada maksud lain,” kata Rachmat saat ditemui, Rabu (25/3/2020).

Setelah postingannya viral di media sosial, Rahmat mengaku sudah banyak pengusaha yang memberikan respons positif. Salah satu pengusaha siap membeli mobil pikap merah miliknya dengan 1.000 boks masker yang rencananya dikirimkan dalam waktu dekat.

“Alhamdulillah sudah banyak yang respons positif, bahkan, lebih dari yang diharapkan. Banyak pengusaha-pengusaha yang tersentuh hatinya. Bahkan, mereka ingin menambahkan masker dari penawaran yang saya sampaikan. Katanya untuk sedekah,” katanya.


Editor : Maria Christina