Viral Kajari Menangis Beri Restorative Justice, Bebaskan Pencuri demi Persalinan Istri

Reza Yunanto ยท Minggu, 20 Februari 2022 - 11:12:00 WITA
Viral Kajari Menangis Beri Restorative Justice, Bebaskan Pencuri demi Persalinan Istri
Tangkan layar video viral Kajati Takalar menyeka air mata saat beri putusan restorative justice terhadap tersangka pencurian motor demi persalinan sang istri. (Foto: Instagram: @Kejaksaan.RI)

JAKARTA, iNews.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Takalar membebaskan tersangka tindak pidana berinisial MA yang disangkakan melanggar Pasal 362 KUHP tentang Pencurian. Pemberian restorative justice atau keadilan restoratif ini viral di media sosial.

Dalam unggahan akun Instagram @Kejaksaan.RI menyebutkan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Fadil Zumhana menyetujui permohonan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif perkara tindak pidana atas nama tersangka MA dari Kejari Takalar.

"Demi istrinya yang akan melahirkan, MA nekat mencuri motor dari seorang korban penjual sayur. Dengan kekuatan hati nurani akhirnya korban memaafkan semua kesalahan tersangka. Keadilan sesungguhnya telah hadir di tengah masyarakat. Rasa keadilan tidak ada dalam buku, adanya di hati nurani," tulis @Kejaksaan.RI dalam keterangan video dikutip, Minggu (20/2/2022).

Tersangka merupakan seorang ayah muda bekerja sebagai buruh harian lepas. Dia mencuri motor pedagang sayur karena terhimpit ekonomi untuk persiapan biaya istrinya yang akan melahirkan.

Motor curian tersebut kemudian tersangka gadaikan sebesar Rp1,5 juta. MA akhirnya ditangkap dan ditahan selama dua bulan sambil menunggu persidangan.

Selama ditahan, dia melewatkan momen saat istrinya melahirkan. Mengetahui perjuangan tersangka, korban memaafkan tulus tanpa dendam.

Kajari yang menangani perkara ini pun terharu. Dia bahkan tampak mengambil tisu untuk menyeka air matanya saat memberikan putusan restorative justice.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: