Viral Fenomena 2 Matahari di Makassar, Begini Penjelasan BMKG

Okezone, Herman Amiruddin ยท Rabu, 22 Januari 2020 - 15:25 WIB
Viral Fenomena 2 Matahari di Makassar, Begini Penjelasan BMKG
Fenomena matahari terlihat seperti ada dua di langit Makassar. (Foto: Istimewa).

MAKASSAR, iNews.id - Video viral penampakan dua matahari di langit sore Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (19/1/2020). BMKG menyebut fenomena ini terjadi karena adanya pantulan matahari akibat awan sirus.

Peristiwa dua matahari itu diunggah akun Instagram @makassar_iinfo, Senin (20/1/2020). Dalam keterangan video, fenomena itu diabadikan oleh warga di BTN Berua Mitra Perdana Daya Makassar.

"Fenomena alam di langit Daya Makassar, sinar matahari ada dua petang ini, 19 Januari 2020," tulis @makassar_iinfo.

BACA JUGA: BMKG Imbau Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi 2,5 Meter di Selat Makassar

Pegawai Balai Besar Meteorologi, Klimatogi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar, Asriani Idrus, memberikan penjelasan ilmiah soal dua matahari yang tampak di langit.

"Fenomena itu terjadi karena pantulan sinar matahari yang menerobos awan dengan kandungan kristal es. Awan itu dikenal dengan awan sirus," katanya.

Matahari dipastikan tidak bertambah alias tetap satu. Hanya, awan sotus itu memantulkan cahaya sehingga matahari terlibat kembar.

BACA JUGA: BMKG Sebut Angin Monsun Asia di Sulsel Akan Munculkan Gelombang Tinggi hingga 4 Meter

Dia mengatakan, fenomena ini dikenal dengan nama Sun Dog. Artinya, sebuah fenomena di mana matahari seakan terlihat lebih dari satu. Berawal dari cahaya matahari yang bersinar pada kumpulan lempeng es kristal heksagonal.

"Kristal ini tersusun secara horizontal di langit sehingga mengakibatkan cahaya dibelokkan dengan sudut minimum 22 derajat," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal