Tangani Covid-19, Wali Kota Danny Pomanto Ungkap Jurus Makassar Recover

Arif Budianto ยท Selasa, 17 Agustus 2021 - 22:53:00 WITA
Tangani Covid-19, Wali Kota Danny Pomanto Ungkap Jurus Makassar Recover
Wali Kota Makassar Danny Pomanto saat memberikan paparan penanganan Covid-19 pada Webinar Festival Indonesia Tangguh 2021 yang disiarkan langsung MNC Portal Indonesia, Selasa (17/8/2021). (Foto: MNC Portal)

MAKASSAR, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memiliki jurus jitu dalam menangani kasus Covid-19 yakni aplikasi Makassar Recover. Aplikasi itu menjadi andalan Pemkot Makassar mulai dari konsep dan perencanaan yang jelas serta penanganan terukur.

"Sistem yang kami pakai yaitu Makassar Recover. Ini disesuaikan dengan karakter masyarakat di sini, seperti slogan bahwa kalau Anda peduli, Anda tidak akan mati," kata Wali Kota Makassar Danny Pomanto dalam Webinar Festival Indonesia Tangguh 2021 yang disiarkan langsung MNC Portal Indonesia, Selasa (17/8/2021).

Menurut Danny, Makassar Recover berisi tiga ekosistem penting yang saling berkaitan. Yaitu elemen percepatan pemulihan kesehatan, adaptasi sosial, dan pemulihan ekonomi. Masing masing elemen memiliki program dan peran sendiri, sehingga penanganan pandemi bisa terintegrasi. 

Pada elemen pemulihan kesehatan, yaitu dilakukannya percepatan vaksinasi. Saat ini vaksinasi mencapai 42 persen dari target 1,1 juta orang. Sementara pada bidang adaptasi sosial, pihaknya terus mengedukasi masyarakat agar bisa beradaptasi dengan kondisi saat ini, seperti menerapkan prokes secara ketat. 

Salah satu yang menjadi program andalan Pemkot Makasar adalah Isolasi Apung. Sebuah tempat isolasi mandiri di kapal laut. 

Fasilitas ini tak hanya memberi pengobatan, tetapi juga refresing bagi mereka yang terpapar Covid. "isolasi apung ini sempat viral di seluruh dunia," kata dia. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: