Syarat Antigen dan PCR Bagi Pelaku Perjalanan Ditiadakan, Keterisian Hotel di Makassar Meningkat

Antara · Sabtu, 19 Maret 2022 - 19:49:00 WITA
Syarat Antigen dan PCR Bagi Pelaku Perjalanan Ditiadakan, Keterisian Hotel di Makassar Meningkat
Ilustrasi kamar hotel (Foto: Istimewa)

MAKASSAR, iNews.id – Tingkat okupansi atau keterisian kamar hotel kini makin membaik. Hal ini setelah adanya kebijakan meniadakan tes PCR atau antigen bagi calon penumpang yang sudah vaksinasi lengkap.

General Manager Hotel Best Western Plus Makassar Beach Hotel, Muhammad Akbar, mengatakan kondisi sektor jasa perhotelan betul-betul terpuruk pada awal Covid-19.

"Tingkat okupansi hotel hanya berkisar 10 hingga 15 persen ketika itu, Namun, setelah pelonggaran PPKM dan adanya kebijakan baru peniadaan tes swab dan antigen yang sudah lengkap imunisasinya, perlahan okupansi membaik," katanya, Jumat (18/3/2022). 

Dia mengatakan kini tingkat okupansi hotel sudah naik menjadi 40 persen dari 161 kamar. Kondisi ini menjadi angin segar untuk membantu hotel beroperasi secara optimal.

Sebelum pandemi Covid-19, pengunjung dari sektor korporat atau perusahaan hampir setiap hari memiliki kegiatan di hotel untuk seminar, lokakarya, dan sebagainya. Namun, saat pandemi, tamu atau pengunjung dari korporat bisa dihitung jari saja.

"Hanya dari unsur pemerintah yang masih ada meskipun sangat terbatas ketika itu. Namun, kini tamu-tamu dan unsur perusahaan sudah ramai kembali beraktivitas di hotel," katanya.

Hal itu dibenarkan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Sulsel Anggiat Sinaga. Menurutnya kegiatan MICE mulai ramai di hotel.  Hal ini menggairahkan kembali hotel-hotel yang pada saat awal pandemi terpaksa merumahkan sebagian besar karyawannya.

Oleh karena itu, karyawan yang sebelumnya dirumahkan dipanggil kembali setelah tingkat okupansi hotel sudah mencapai 40 persen.

Apalagi menjelang bulan Ramadan, dia mengatakan hotel-hotel sudah mulai mempersiapkan menu spesial untuk menarik pengujung. 

Editor : Dita Angga Rusiana

Bagikan Artikel: