Sisir Gunung Lawakan, Tim TNI-Polri Temukan Senjata Api Diduga Bekas Pasukan Kahar Muzakar

Sindonews, Aris Bafauzi ยท Selasa, 09 Juni 2020 - 09:25 WIB
Sisir Gunung Lawakan, Tim TNI-Polri Temukan Senjata Api Diduga Bekas Pasukan Kahar Muzakar
Penemuan senjata api di Enrekang diduga milik bekas pasukan Kahar Muzakkar. (Foto: Sindonews).

ENREKANG, iNews.id - Tim gabungan TNI - Polri menemukan senjata api laras panjang beserta amunisinya di Gunung Lawakan, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel). Senjata tersebut ditemukan di sebuah gua sisi gunung diduga bekas peninggalan pasukan Kahar Muzakkar.

Petugas memang belum menemukan pemilik senjata api tersebut. Namun kondisinya sudah rusak, karena dimakan usia. Dugaan sementara memang milik pasukan Kahar Muzakar, terlebih daerah tersebut menjadi basis pasukan perlawanan tersebut.

"Kami menyisiri Gunung Lakawan dan bersama sejumlah anggota TNI, dan menemukan senjata laras panjang beserta pelurunya," kata seorang anggota Reskrim Polres Enrekang, Risman, yang ikut dalam tim gabungan tersebut, Selasa (9/6/2020).

Penemuan senjata api pada Senin (8/6/2020) kemarin langsung diamankan ke Mapolres Enrekang untuk diteliti. Dari kondisinya yang sudah rusak karena kemakan usia, polisi menduga senjata tersebut milik pasukan perlawanan Tentara Islam Indonesia pimpinan Kahar Muzakkar.

Pemerhati sejarah Massenrempulu Enrekang, Naim Arkananta, berpendapat senjata api dan amunisi yang ditemukan di Gunung Lakawan memang bisa jadi milik dari pasukan Kahar Muzakkar.

"Bisa jadi, daerah penemuan senjata kan dulu menjadi basis salah satu orang kepercayaan Kahar Muzakkar di Enrekang," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal