Sepakat, RSKD Pertiwi Makassar Layani Ibu Hamil Terpapar Covid-19

Antara, Andi Deri Sunggu ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 08:55 WIB
Sepakat, RSKD Pertiwi Makassar Layani Ibu Hamil Terpapar Covid-19
Penerapan protokol kesehatan di RSKD Pertiwi Makassar. (Foto: iNews/Andi Deri Sunggu).

MAKASSAR, iNews.id - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, telah memastikan Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Ibu dan Anak Pertiwi Makassar siap melayani ibu hamil suspcet Covid-19. Diharapkan ke depan tidak ada lagi keluhan dari warga atas pelayanan rumah sakit.

Nurdin mengatakan, penunjukan rumah sakit tersebut telah disepakati Gugus Tugas Penanganan Covid-19 bersama direktur RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar dan para direktur rumah sakit di Sulsel.

"Jadi kita sudah berkumpul dengan teman-teman dari tim Gugus Tugas maupun para direktur rumah sakit, kita sudah tetapkan RSKD Pertiwi menjadi rumah sakit khusus untuk ibu hamil terpapar Covid-19," kata Nurdin di Kota Makassar, Sulsel, Kamis (26/6/2020) sore.

Dia berharap, dengan adanya RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar, tidak ada lagi masalah terkait ibu hamil terpapar Covid-19 di Sulsel kesulitan mendapat penanganan medis.

"Saya kira tidak usah khawatir tentang penyediaan rumah sakit khusus untuk ibu hamil," ujarnya.

Selain itu, kata dia, juga disiapkan rumah sakit lainnya. Seperti RSKD Anak dan Ibu Siti Fatimah yang saat ini masih dalam kajian. Tapi dia berharap RSKD Ibu dan Anak Pertiwi mampu memberikan pelayanan maksimal.

Sebelumnya seorang ibu hamil di Kota Makassar yang reaktif rapid test tidak mendapat penanganan optimal dari rumah sakit. Akibatnya janin dalam kandungan pasien meninggal dunia.

Pasien tersebut mengaku tidak punya untuk menjalani tes swab yang dibebankan secara mandiri. Dia harus membayar hingga Rp4 juta untuk dua kali uji sampel virus corona.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal