Sapi Kurban Jusuf Kalla Sempat Berontak saat Akan Disembelih di Masjid Al Markaz Makassar

Yoel Yusvin ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 09:55 WIB
Sapi Kurban Jusuf Kalla Sempat Berontak saat Akan Disembelih di Masjid Al Markaz Makassar
Sapi kurban milik JK sempat berontak saat akan disembelih. (Foto: iNews/Yoel Yusvin).

MAKASSAR, iNews.id - Sapi kurban milik Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla sempat berontak saat akan disembelih di Masjid Al Markaz Al Islami Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Panitia hampir kewalahan karena bobot sapi yang mencapai 700 kilogram.

Setelah beberapa menit, sapi tersebut tampak kelelahan dan akhirnya dapat dijinakkan oleh petugas dan panitia pemotongan hewan kurban.

"Alhamdulillah sudah disembelih," kata Ketua Panitia Pemotongan Hewan Kurban Masjid Al Markaz Al Islami Makassar, Maskur Rauf, Sabtu (1/8/2020).

Dia mengatakan, proses pemotongan hewan kurban di masjid ini akan berlangsung selama dua hari hingga besok (Minggu). Sebab ada 72 ekor sapi yang disembelih, sehingga tidak cukup waktu satu hari saja.

Prosesi pemotongan hewan kurban pun berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. Warga yang tidak berkepentingan dilarang ikut menonton penyembelihan.

"Kami juga tidak mengizinkan warga datang untuk mengantre pembagian daging kurban. Nantinya akan kami bagikan langsung kepada warga," ujar dia.

Satu ekor sapi biasanya mencapai 30-an bungkus. Namun kali ini akan lebih banyak, karena ada beberapa pejabat yang menyumbangkan hewan kurban dan tidak mengambil jatah dagingnya.

"Daging-daging ini nanti akan kami bagikan kepada warga yang tidak mampu dan kaum dhuafa," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal