Pulau Lantigiang Dijual Rp900 Juta, Ini Identitas Penjual dan Pembelinya

Herman Amiruddin ยท Minggu, 31 Januari 2021 - 02:00:00 WITA
Pulau Lantigiang Dijual Rp900 Juta, Ini Identitas Penjual dan Pembelinya
Pulau Lantigiang di Kepulauan Selayar, Sulsel. (Foto: Istimewa/Instagram agungrizki90)

MAKASSAR, iNews.id - Kasus penjualan Pulau Lantigiang, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel) membuat geger masyarakat. Identitas penjual dan pembeli pulau tak berpenghuni itu terungkap.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Jinato, Nur Aisyah Amnur mengatakan, Pulau Lantigiang yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Takabonerate itu dijual oleh warga bernama Syamsu Alam kepada Asdianti sebagai pembeli.

"Dari Syamsu Alam bahwa Pulau Lantigiang tersebut dikuasai atau ditinggali oleh neneknya dulu. Namun hak yang dimiliki oleh penjual adalah surat keterangan kepemilikan ditandatangani oleh Sekdes Jinato tahun 2019," kata Nur Aisyah Amnur.

Joune Ganda terpilih sebagai Ketua Pinkan periode 2021-2025. (Foto: Istimewa)

Sementara itu saat ini, Polres Selayar tengah menyelidiki kasus penjualan sebuah pulau tak berpenghuni di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Pulau Lantigiang yang dijual itu masuk dalam Kawasan Taman Nasional Takabonerate. 

Berdasarkan surat keputusan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Pulau Lantigiang masuk dalam pulau zona pemanfaatan yang terletak di Desa Jinato, Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Temmanganro Machmud mengatakan, saat ini pihaknya tengah mendalami kasus tersebut dan memeriksa sejumlah saksi terkait penjualan pulau tersebut.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2