Polisi Tangkap Kawanan Begal di Makassar, 1 Orang Sembunyi di Kolong Rumah

Leo Muhammad Nur ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 14:15 WIB
Polisi Tangkap Kawanan Begal di Makassar, 1 Orang Sembunyi di Kolong Rumah
Remaja diamankan karena tawuran di Makassar. (Foto: iNews/M Nur Bone

MAKASSAR, iNews.id - Polisi menangkap enam remaja terduga pelaku begal di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka dinilai kawanan yang belakangan ini kerap beraksi dan tak segan-segan melukai korbannya.

Pantauan iNews, saat menangkap keenam pelaku, polisi sampai harus melepaskan tembakan peringatan. Sebab para remaja ini berusaha melarikan diri saat tahu ada anggota polisi yang datang.

Penangkapan pun berlangsung dramatis, karena keenam remaja ini menghindari petugas dengan cara bersembunyi di kolong rumah, lari ke rumah warga hingga berpura-pura tidur.

Namun dari enam orang tersebut, polisi belum memastikan semua terlibat dugaan kasus begal di sejumlah TKP Kota Makassar. Mereka diamankan agar dapat dimintai keterangannya sebagai saksi.

"Kami sebelumnya sudah menangkap seorang pelaku begal berinsial RA saat akan beraksi sambil membawa badik," kata Kasubdit II Jatanras Polrestabes Makassar, Ipda Ahmad Syah Jamal, di Kota Makassar, Sulsel, Kamis (18/6/2020).

Dari enam pelaku yang diamankan, kata dia, ada indikasi seorang dari mereka yang terlibat kasus begal bersama RA. Remaja tersebut berinsial IK, namun pastinya masih didalami penyidik.

Polisi juga menyita sejumlah barang bukti yakni senjata tajam jenis badik, motor yang dipakai pelaku saat beraksi. Aksi kawanan begal ini terbilang nekat, karena berani menodong korbannya dan tak segan-segan melukai warga.

"Jika terbukti, mereka terancam pasal 365 terkait pencurian disertai kekerasan (curat), dengan ancaman hukuman sekitar lima tahun penjara," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal