Polisi Tangkap 2 PNS Perempuan Pembuat SK CPNS Palsu di Takalar

Sindonews, Herni Amir ยท Rabu, 13 Mei 2020 - 11:55 WITA
Polisi Tangkap 2 PNS Perempuan Pembuat SK CPNS Palsu di Takalar
Ilustrasi penangkapan. (Foto: Istimewa).

TAKALAR, iNews.id - Polisi menangkap dua oknum PNS Kabupaten Takalar yang diduga membuat Surat Keputusan (SK) CPNS palsu. Mereka juga memalsukan tanda tangan Bupati Syamsari Kitta dalam lembaran tersebut.

Kedua pelaku berjenis kelamin perempuan, masing-masing berinsial SS (53) dan WK (44). Polisi telah menetapkan dua orang ASN ini sebagai tersangka kasus penipuan SK CPNS yang beredar luar di masyarakat.

"Sudah diamankan. Sudah masuk proses sidik," kata Paur Humas Polres Takalar, Ipda Sumarwan, di Mapolres Takalar, Sulsel, Selasa (12/5/2020).

Sebelumnya SK CPNS palsu beredar di masyarakat. Dugaan pemalsuan surat itu dilaporkan Kabag Hukum Pemerintah Kabupaten Takalar, Agus Salim, ke polisi pada Jumat (8/5/2020).

Menurut dia, ada oknum yang melakukan penipuan kepada warga untuk mencari keuntungan dengan menerbitkan SK CPNS palsu tersebut. Karena pemilik SK kemungkinan menyetorkan uang ke pelaku, sehingga merusak nama baik pemerintah.

"Kalau kita membacanya ke arah sana, tapi kita tunggu saja hasil penyidikan polisi," ujar dia.

Ratusan SK CPNS dengan tanda tangan Bupati Takalar beredar. Surat tersebut untuk formasi guru dan pegawai pemerintah yang mulai bertugas pada Mei 2020 ini
.
Surat itu juga menyertakan tembusan ke Mendagri, Menpan-RB, Kepala BKN, Gubernur Sulsel, Kepala Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara di Makassar, dan Kepala Kantor Cabang Makassar PT Taspen.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal