Perlancar Arus Mudik, Pemprov Sulsel Terus Perbaiki Jalan

Antara ยท Sabtu, 23 April 2022 - 16:21:00 WITA
Perlancar Arus Mudik, Pemprov Sulsel Terus Perbaiki Jalan
Kondisi ruas jalan trans Sulawesi yang telah mendapatkan penanganan dari BBPJN Sulsel.(Foto: Antara)

MAKASSAR, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan terus  melakukan perbaikan jalan untuk memperlancar arus transportasi. Termasuk kegiatan mudik lebaran tahun 2022.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan beberapa ruas jalan yang dalam pembenahan salah satunya ruas Pinrang - Rappang (Sidrap). Selain itu jalur di wilayah Selatan juga sudah dalam tahap dan dikerjakan tahun ini.

“Pada 2022 ini juga, insyaallah sesuai komitmen dengan Balai Jalan, perbaikan ke arah Bone,” katanya, Sabtu (23/4/2022). 

"Begitupun di Parepare yang perbatasan Sidrap yang sering macet juga sudah kita ajukan. Selanjutnya tentu jalur ke arah Luwu Raya. Intinya kita sudah ajukan semua paket-paketnya," lanjutnya. 

Dia mengatakan rekonstruksi ruas jalan Pinrang – Rappang menjadi salah satu prioritas karena merupakan lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi dan kondisi rusak berat.

"Total tahun ini kita alokasikan sekitar Rp33 miliar untuk ruas Pinrang - Rappang. Kita harap dukungan seluruh pihak, utamanya masyarakat setempat demi kelancaran pengerjaan ruas jalan ini," sebutnya.

Kepala Dinas PUTR Sulsel, Astina Abbas, menyampaikan progres pekerjaan di lapangan pada jalan ruas Pinrang - Rappang di Kabupaten Pinrang.

Pekerjaan yang sedang berlangsung saat ini adalah pekerjaan galian untuk pelebaran jalan. Pada pekerjaan pelebaran dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu pekerjaan galian, pekerjaan pemadatan tanah dasar, penghamparan material berbutir dan pemadatannya, penghamparan lapis perkerasan dan pemadatan, diakhiri dengan pekerjaan pengaspalan.

"Pekerjaan pemadatan pada setiap lapis perkerasan dilaksanakan untuk memastikan kekuatan dan kestabilan struktur perkerasan jalan," jelasnya

Editor : Dita Angga Rusiana

Bagikan Artikel: