Penjelasan Harta Kekayaan Kepala Bapenda Makassar Melejit Rp48 Miliar dalam Setahun

Herman Kambuna ยท Rabu, 07 April 2021 - 13:49:00 WITA
Penjelasan Harta Kekayaan Kepala Bapenda Makassar Melejit Rp48 Miliar dalam Setahun
Kepala Bapenda Kota Makassar Irwan Adnan berbicara dalam sebuah kegiatan. )Foto: Dokumentasi Bapenda Makassar_

MAKASSAR, iNews.id - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar Irwan R Adnan mendapat sorotan publik karena jumlah harta kekayaannya mencapai Rp56 miliar lebih. Dia memiliki 24 aset tanah dan bangunan serta delapan kendaraan mewah.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2019, dia memiliki harta kekayaan hanya Rp8,2 miliar, kemudian melejit dalam waktu satu tahun. Terakhir angkanya bertambah sekitar Rp3 miliar sehingga tercatat di LHKPN memiliki total harta kekayaan mencapai Rp56,4 miliar atau naik hingga Rp48 miliar lebih.

Terkait harta kekayaannya tersebut, Irwan menyampaikan selama dua tahun menjabat sebagai Kepala Bapenda Makassar, terdapat kesalahpahaman saat pelaporan LHKPN. Hal inilah yang membuat kenaikkan harta kekayaannya dalam setahun mencapai Rp48 miliar lebih.

Irwan mengatakan, dia menjabat sebagai Kepala Bapenda Makassar pada tahun 2017. Kemudian dari situ, dia kembali melaporkan kekayaan yang dimilikinya. Selanjutnya, dia kembali melaporkan LHKPN pada tahun 2019. 

“Di situlah ada kesalahpahaman saat melaporkan LHKPN. Di mana pada awal saya tidak menginput semua aset yang dimiliki istri dan keluarga," katanya kepada wartawan di Makassar, Rabu (7/4/2021).

Belakangan ini, dia menginput kembali semua aset yang dimiliki beserta keluarga. Kekayaan yang dilaporkan Irwan berupa uang, rumah, tanah, kendaraan dan lainnya dengan nilai mencapai Rp56,4 miliar

Harta tersebut kata Irwan telah lama ada sebelum dia menjabat sebagai Kepala Bapenda Makassar. 

“Itu semua aset kan tiap tahun naik juga, jadi orang menilai sekian," katanya. 

Menurut Irwan, ada perbedaan nilai beberapa tahun lalu dengan sekarang sehingga terhitung ada pertambahan.

"Itu juga harta sudah lama ada sebelum saya menjabat Kepala Bapenda dan boleh dicek," ucapnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2