Pasar Induk Minasa Maupa Gowa Terapkan Sistem Belanja Online

Sindonews, Herni Amir ยท Kamis, 09 April 2020 - 13:35 WIB
Pasar Induk Minasa Maupa Gowa Terapkan Sistem Belanja Online
Aktivitas perdagangan di pasar tradisional. (Foto: Dok iNews).

GOWA, iNews.id - Pengelola Pasar Induk Minasa Maupa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) menerapkan sistem belanja online. Langkah ini diambil untuk memudahkan layanan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Pasar Induk Minasa Maupa, Zainuddin Langke mengatakan, sistem belanja online ini dilakukan sesuai instruksi Bupati Adnan Purichta Ichsan untuk memutuskan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gowa, khususnya di pasar.

"Dengan sistem belanja online ini, masyarakat Gowa yang ingin berbelanja kebutuhan pokok, dapat memesan langsung melalui nomor yang telah disediakan," kata Zainuddin di Kabupaten Gowa, Sulsel, Kamis (9/4/2020).

Dia juga menjamin, meski pelayanan secara online diterapkan, namun aktivitas jual beli secara tatap muka juga berjalan normal. Pengelola tetap membuka pasar bagi warga yang berbelanja langsung di tempat tersebut.

Belanja online ini mulai berlaku pada Rabu (8/4/2020) kemarin. Tujuannya untuk mengurangi terjadinya kepadatan di pasar, menghindari kontak langsung antara pedagang dan pembeli atau antara para pengunjung pasar.

"Bagi masyarakat yang memesan, pengelola pasar telah menentukan waktu atau jadwal pemesanan, yakni mulai pukul 06.00 - 16.00 WITA," ujar dia.

Pesanan hari ini, kata dia, akan diantarkan besok pagi ke rumah pelanggan. Pembeli cukup membagi lokasi saja atau share location. Pembayarannya nanti bila pesanannya telah sampai di rumah.

Sementara itu kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdastri) Gowa, Andi Sura Suaib menjelaskan, langkah ini diambil untuk mengurangi terjadinya kepadatan di pasar saat bertemunya penjual dan pembeli.

"Ini tidak akan mengurangi kebutuhan pokok masyarakat untuk berbelanja, yang kita batasi adalah aktivitasnya agar tetap tinggal di rumah, termasuk dalam hal memenuhi kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, masyarakat kata dia cukup menghubungi nomor yang telah disiapkan dan selanjutnya akan diantar langsung ke rumah warga yang telah memesan.

Adapun kebutuhan pokok yang dijual di pasar induk Minasa Maupa yang dapat dipesan yakni berupa daging, ayam, ikan, sayur-mayur, telur, gula dan lain-lain, cukup menghubungi nomor 085242020895, atau 085343967828.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal