Nurdin Abdullah Minta Bupati dan Wali Kota se-Sulsel Siapkan Website terkait Corona

iNews.id ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 15:30 WIB
Nurdin Abdullah Minta Bupati dan Wali Kota se-Sulsel Siapkan Website terkait Corona
Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah memberikan keterangan pers terkait perkembangan Covid-19 di Makassar. (Foto: Humas Pemprov Sulsel)

MAKASSAR, iNews.id – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah meminta bupati dan wali kota di wilayahnya menyiapkan akses informasi bagi seluruh masyarakat terkait virus corona atau Covid-19. Akses informasi saat ini sangat dibutuhkan masyarakat, mulai dari perkotaan sampai di pelosok desa.

Nurdin mengatakan, akses informasi yang harus segera dipersiapkan tersebut berupa website atau situs yang bisa diakses warga. Bupati dan wali kota sangat penting untuk menyampaikan informasi transparan terkait perkembangan Covid-19 di daerah masih-masing.

“Jika kita bersikap transparan, kita bisa menghadirkan kepercayaan masyarakat. Dengan begitu, masyarakat akan patuh dan mengikuti setiap arahan yang kita berikan,” kata Nurdin Abdullah dalam keterangannya di Makassar, dikutip dari Antara, Kamis (26/3/2020).

Gubernur juga meminta seluruh kepala daerah agar menyampaikan ke RT, RW, kepala desa, lurah, camat, tokoh masyarakat dan tokoh agama, untuk ikut terlibat menyosialisasikan cara melawan Covid-19 ini. Informasi dari mereka juga sangat penting untuk menyosialisasikan pemetaan penyebaran virus corona.

“Ini betul-betul bisa kita capai hasil yang sangat maksimal. Jangan lupa juga kita melibatkan tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama,” ujarnya.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode itu juga menyampaikan rasa prihatin sekaligus rasa bangga kepada dokter, perawat dan seluruh tim medis yang telah berperan dalam melawan Covid-19. Di tengah keterbatasan, tim medis tetap gigih.

“Kita ikut prihatin bahwa beberapa dokter kita, perawat kita yang tentu atas keterbatasan, dengan gigih menjalankan tugas kemanusiaan ini,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dipantau iNews.id di situs Sulsel Tanggap COVID-19 Kamis siang, pasien positif corona di Sulsel berjumlah 13 orang. Dari 13 orang tersebut, 12 orang di antaranya masih dirawat. Pasien yang dinyatakan sembuh belum ada. Sementara pasien pasien positif corona yang meninggal dunia satu orang, yakni pasien 285 yang meninggal pada 15 Maret lalu.

Sementara itu, data Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) menunjukkan peningkatan hari ini. Jumlah ODP total sebanyak 178, dengan rincian saat ini sebanyak 142 dalam pemantauan dan 36 sudah selesai dipantau. Jumlah ODP bertambah 23 orang dari data per Rabu kemarin dengan total 155, yang terdiri atas 119 dalam pemantauan dan 36 selesai pemantauan.

Kemudian, total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 94 orang. Adapun rinciannya, 86 masih dirawat dan 8 sudah sehat dan dipulangkan. Jumlah ini juga melonjak 29 orang dari data Rabu (25/3/2020) dengan total PDP sebanyak 64 orang. Adapun rinciannya, 57 masih dirawat dan 7 sudah sehat dan dipulangkan.


Editor : Maria Christina