Mudik Dilarang, Mobilitas Warga di Perkotaan Sulsel Akan Diperketat

Syachrul Arsyad · Jumat, 16 April 2021 - 12:35:00 WITA
Mudik Dilarang, Mobilitas Warga di Perkotaan Sulsel Akan Diperketat
Ilustrasi pemeriksaan kendaraan yang diduga hendak mudik. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Mobilitas warga di sejumlah daerah perkotaan Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal diperketat. Fokus antisipasi arus mudik meliputi area Makassar, Maros, Sungguminasa (Gowa), dan Takalar atau disebut Mamminasata.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, langkah ini menindaklanjuti larangan mudik dari Kementerian Perhubungan. Area perkotaan berada di wilayah Mamminasata dan akan diperkatat pembatasannya.

"Aglomerasi wilayah di Sulawesi Selatan kebetulan di area perkotaan Mamminasata. Kita akan memperketat pembatasan di wilayah ini," kata Andi Sudirman Sulaiman di Kota Makassar, Sulsel, Kamis (15/4/2021).

Pihaknya pun terus berkoordinasi dengan TNI-Polri untuk penjagaan arus mudik nantinya menjelang lebaran. Tentunya dalam penjagaan perbatasan itu melibatkan petugas dari pemerintah daerah di kabupaten/kota setempat.

"Pemerintah kabupaten dan kota harus melihat sejauh mana, bagaimana pergerakan orang per orang per harinya. Tentu ada pertimbangan nantinya," ujarnya.

Sebelumnya Ketua Tim Ahli Pengendalian Covid-19 Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin mengatakan, pertumbuhan kasus Covid-19 daerah cenderung melandai, jika dibandingkan pada momen Ramadan tahun sebelumnya.

Sementara kondisi menjelang Ramadan kali ini, pertumbuhan kasus selama lima pekan terakhir angka Rt kurang dari satu. Di samping itu, jumlah kasus aktif semakin menurun sekitar 3-5 persen, bahkan angka kesembuhan di kisaran 96 persen.

"Meski telah terkendali Covid-19 di Sulsel, tapi masih perlu disikapi secara hati-hati," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal