Salat Tarawih Berjamaah, Begini Imbauan Andi Sudirman Sulaiman ke Umat Muslim saat Ramadhan

Antara · Selasa, 13 April 2021 - 07:30:00 WITA
Salat Tarawih Berjamaah, Begini Imbauan Andi Sudirman Sulaiman ke Umat Muslim saat Ramadhan
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. (Foto: Istimewa).

MAKASAR, iNews.id - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, ikut salat tarawih berjemaah di Masjid Al Markaz Al Islami, Senin (12/4/2021) malam. Dia meminta agar umat Muslim dapat terus memakmurkan masjid.

"Kita masih bersyukur tahun ini bisa diberikan kesempatan salat berjamaah bersama, meski dalam situasi pandemi," kata Andi Sudirman di Kota Makassar, Senin malam.

Dia berharap, umat Muslim bisa memakmurkan masjid hingga akhir Ramadhan dengan terus menerapkan protokol kesehatan. Sebab, belum tentu semua bisa mendapatkan kembali bertemu dengan ibadah puasa di tahun mendatang.

"Biasanya, kalau diawal saja ramai, nanti pertengahan dan akhir Ramadhan sudah banyak pergi di mal dan tempat belanja," ujar dia.

Sementara Imam Besar Masjid Al-Markaz KH M Muammar Bakry mengatakan, pelaksanaan salat tarwih sesuai dengan aturan protokol kesehatan. Saf salat sudah ditandai agar jemaah bisa beribadah dengan jarak dan tidak saling berdekatan.

"Protokol kesehatan dilakukan secara ketat. Mulai dari memakai masker, ada pengecekan suhu tubuh hingga membatasi kapasitas hingga 50 persen," ujarnya.

Muammar menyebutkan, untuk kapasitas Masjid Al Markaz bisa menampung hingga 10.000 jamaah bila kondisi normal saat Ramadhan. Namun tahun ini, tentunya berbeda dan disesuaikan dengan ruangan masjid karena ada pengaturan jarak.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal