Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman Mulai Siapkan PPKM Mikro

Antara · Jumat, 16 April 2021 - 11:30:00 WITA
Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman Mulai Siapkan PPKM Mikro
Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman saat meninjau posko Satgas Covid Gowa. (Foto: Istimewa).

MAKASSAR, iNews.id - Plt Guberur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, mulai menyiapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Sebab dikhawatirkan terjadi eskalasi kasus Covid-19 selama Ramadan.

Andi Sudirman mengatakan, melibatkan Satgas Penanganan Covid-19 di kabupaten dan kota untuk memantau perkembangan penularan virus corona di setiap daerah.

"Kebijakan PPKM, penutupan masjid dan pembukaan kembali itu kita kembalikan kepada Satgas Penanganan Covid-19 daerah. Karena mereka yang lebih tahu kondisinya," kata Andi Sudirman di Kota Makassar, Sulsel, Jumat (16/4/2021).

Terkait pelaksanaan sholat Tarawih berjemaah di masjid, kata dia, tetap mengacu pada Surat Edaran Kementerian Agama No SE.03 Tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Kami izinkan pelaksanaan tarawih dengan tetap protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.

Namun untuk kapasitas masjid, kata dia, harus dikurangi 50 persen. Bila jemaah banyak, disarankan pemanfaatan teras masjid, termasuk pemasangan tenda-tenda untuk kapasitasnya 50 persen tetap dalam masjid.

"Alhamdulillah sampai saat ini, penyebaran Covid-19 di Sulsel masih relatif terkendali. Tetapi kita terus menekankan protokol kesehatan," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal