Longsor Terjang Rumbia Jeneponto, 1 Ditemukan Tewas Tertimbun dan 3 Masih Dicari

Sulaiman Nai ยท Minggu, 14 Juni 2020 - 00:08:00 WITA
Longsor Terjang Rumbia Jeneponto, 1 Ditemukan Tewas Tertimbun dan 3 Masih Dicari
Warga menyaksikan pencarian para korban yang tertimbun longsor di Desa Rumbai, Kabupaten Jeneponto, Sulsel, Sabtu (13/6/2020). (Foto: iNews/Sulaiman Nai)

JENEPONTO, iNews.idLongsor dan banjir yang menerjang Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengakibatkan empat korban tertimbun material longsor. Satu orang di antaranya ditemukan tewas, Sabtu (13/6/2020).

Informasi diperoleh iNews, satu dari empat warga yang hilang akibat longsor di Rumbia itu diketahui bernama Made. Laki-laki berusia 50 tahun itu ditemukan di timbunan longsor setelah Tim SAR gabungan yang terdiri atas Basarnas, Tagana dan TNI-Polri serta warga setempat melakukan pencarian selama kurang lebih delapan jam.

Korban sebelumnya hilang bersama tiga warga lainnya saat banjir dan longsor terjadi pada Jumat petang (12/6/2020) di Desa Rumbia, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto.

Empat korban yang dikabarkan hilang tersebut panik dan berusaha menyelamatkan diri saat terjadi musibah itu terjadi, termasuk korban atas nama Made. Bahkan, Made saat kejadian berusaha mengikat rumahnya agar tidak terbawa arus banjir.

Namun, tebing yang ada di belakang rumah Made tiba-tiba longsor hingga korban hilang tertimbun bersama rumahnya di badan jalan. Tiga warga lainnya juga ikut tertimbun.

Dalam musibah ini, tujuh unit rumah rusak tertimbun longsor. Badan jalan poros yang menghubungkan Kabupaten Jeneponto menuju Kecamatan Malakaji, Kabupaten Gowa, juga tertutup material longsor hingga tak bisa dilewati kendaraan.

"Ada empat orang yang sejak Jumat kemarin dilaporkan hilang tertimbun longsor dan tadi sore ditemukan satu orang," kata Ketua Tim SAR Bantaeng, Arman, Sabtu (13/6/2020).

Tim SAR gabungan masih akan melakukan pencarian terhadap tiga korban lainnya. Proses pencarian ketiga korban hilang dihentikan untuk sementara karena kondisi sudah gelap dan akan dilanjutkan Minggu besok, (14/6/2020).

"Untuk sementara pencarian tiga warga yang hilang tertimbun longsor di Kabupaten Jeneponto dihentikan. Besok, pencarian ketiga korban akan dilanjutkan lagi," kata Arman.


Editor : Maria Christina